PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PJOK KELAS V SD NEGER 07 LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA

RIWAN (18010104084), R (2023) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PJOK KELAS V SD NEGER 07 LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama Mahasiswa. Riwan, Nim. 18010104084, penerapan metode outdoor study
dalam meningkatkan keterampilan belajar pjok pada pembelajaran senam
ketangkasan peserta didik Kelas v sd negeri 07 lasolo Kabupaten konawe utara.
Dibimbing oleh Raehang S.Ag., M.Pdi dan Rasmi S.Ag., M.Si.

Penelitian ini bertujuan Untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode
outdoor study dalam meningkatkan keterampilan belajar kelas V SD Negeri 07
Lasolo dalam mata pelajaran PJOK; (2) Untuk Mengetahui penerapan metode
outdoor study dalam meningkatkan keterampilan belajar kelas V SD Negeri 07
Lasolo dalam mata pelajaran PJOK . Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 7 Lasolo
yang berjumlah 13 orang siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan
observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan statistik
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Penerapan metode outdoor terhadap keterampilan belajar siswa kelas V SD
Negeri 7 lasolo kabupaten konawe utara mengalami peningkatan sifnifikan setelah
diterapkan metode outdoor. Hal tersebut dibuktikan dari nilai setiap siklus yakni
hasil aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 74%, sedangkan
aktivitas guru pada pertemuan kedua mencapai sebesar 76%. Pada aktivitas siswa
pada pertemuan pertama mencapai 76%, sedangkan pertemuan kedua aktivitas
siswa mencapai 81%. Hasil aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang
sangat bagus pada siklus II pertemuan pertama dan kedua. Aktivitas guru pada
pertemuan pertama siklus II mencapai 81%, pertemuan kedua mencapai 85%.
Sedangkan aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus II mencapai 84% dan
pertemuan kedua mencapai 94%.

Kata kunci : Metode Outdoor, Keterampilan Belajar

ABSTRACT

Nama Mahasiswa. Riwan, Nim. 18010104084, penerapan metode outdoor study
dalam meningkatkan keterampilan belajar pjok pada pembelajaran senam
ketangkasan peserta didik Kelas v sd negeri 07 lasolo Kabupaten konawe utara.
Dibimbing oleh Raehang S.Ag., M.Pdi dan Rasmi S.Ag., M.Si.

Study this aim To : (1) Describe the application of the outdoor study
method in improving the learning skills of class V SD Negeri 07 Lasolo in the
PJOK subject;
(2) To find out the application of the outdoor study method in improving the
learning skills of class V SD Negeri 07 Lasolo in the PJOK subject. Type study
this is Study Action Class . subject study this is Student class V SD Negeri 7
Lasolo , totaling 13 people student. Technique Data collection using observation ,
test , and documentation . Technique analysis used _ statistics descriptive
quantitative and qualitative . Results study this show that A pplication outdoor
method against Skills study student class V SD Negeri 7 lasolo districts konawe
north experience enhancement significant after applied outdoor method . it _
proven from mark every cycle ie results teacher activity on cycle I meeting first
reached 74%, meanwhile teacher activity on meeting second reach by 76%. On
activity student on meeting first reached 76%, meanwhile meeting second activity
student reached 81%. Results teacher activity and student experience very
improvement _ good on cycle II meeting first and second . Teacher activity on
meeting first cycle II reached 81%, meeting second reach 85%. Whereas activity
student on meeting first cycle II reached 84% and meeting second reached 94%.

Keywords : Outdoor Methods , Learning Skills.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Metode Outdoor, Keterampilan Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor, Keterampilan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:46
Last Modified: 10 Nov 2023 02:46
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item