PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ROLLING BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 102 ANEKA MARGA KABUPATEN BOMBANA

Satya Rizkiyanti Monika(18010104090 ), S (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ROLLING BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 102 ANEKA MARGA KABUPATEN BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan
model pembelajaran Koopertaif Type Teams Games Tournament (TGT) dengan
media Rolling Ball untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas
III SD Negeri 102 Aneka Marga Kabupaten Bombana. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Adapun subjek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 102 Aneka Marga pada tahun ajaran
2022/2023 dengan jumlah siswa 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
dengan media rolling ball telah dilaksanakandengan baik oleh guru dan peserta
didik.Pada siklus I pertemuan pertamaaktivitas guru mencapai 77% dan aktivitas
siswa mencapai 75%. Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua aktivitas guru
mencapai 86,36% dan hasil aktivitas siswa yaitu mencapai83%. Sedangkan pada
siklus II pertemuan pertama dan kedua hasil yang diperoleh dari aktivitas guru
dan siswa yaitu mengalami peningkatan yang signifikan. Aktivitas guru pada
siklus II pertemuan pertama mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 95,83%.
Selanjutnya pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 100% dan
aktivitas siswa juga mencapai 100%. Dengan demikian terjadi adanya perubahan
peningkatan aktivitas guru dan siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang
diberikan.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum
dilakukannya tindakan memperoleh nilai rata-rata 68 dengan nilai persentase
ketuntasan belajar 65% atau siswa yang memperoleh nilai >70 sebanyak 11 siswa,
dan setelah dilakukannya tindakan pada siklus I memperoleh hasil nilai rata-rata
74 dengan persentase ketuntasan menjadi 76% sedangkan siswa yang memperoleh
nilai >70 meningkat menjadi 13 siswa. Kemudian pada siklus II peningkatan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata
88,52 dan persentase ketuntasan mencapai 88%. Siswa yang memperoleh nilai
>70 yaitu sebanyak 15 siswa. berdasarkan uraian tersebut maka dapat dikatakan
bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament
(TGT) dengan media rolling ball dapat meningkatkan hasil belajar pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 102 Aneka Marga.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Media Rolling Ball; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Media Rolling Ball; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:07
Last Modified: 16 Nov 2023 05:07
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item