HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA MTs. IBNUL AMIN TAMPABULU KABUPATEN BOMBANA

RAHMA(18010108064), R (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA MTs. IBNUL AMIN TAMPABULU KABUPATEN BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahma NIM 18010108064. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana. Dibimbing oleh: Bapak Dr. Jumarddin La Fua S.Si, M.Si dan Ibu Balda S.Si, M.Si
Guru di sekolah senantiasa mengarahkan dan mengingatkan siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan mengarahkan siswa untuk membuat prakarya dari bahan bekas baik dari bahan oganik maupun anorganik seperti yang telah dibuat oleh siswa yaitu memanfaatkan ranting pohon yang sudah kering untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan. Meskipun guru-guru telah mengupayakan agar siswanya peduli terhadap lingkungan, namun masih ada saja yang membuang sampah sembarangan. Tujauan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana pemahaman materi lingkungan hidup siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu. 2) Untuk mengetahui bagaimana perilaku peduli lingkungan siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu. Dan 3) Untuk menguji apakah terdapat hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan perilaku peduli lingkungan siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI MTs. Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebesar 38 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan alat ukur berupa tes pilihan ganda dan angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis korelasional dengan menggunakan Pearsont Product Moment dan uji prasyarat serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengetahuan lingkungan hidup siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana memiliki frekuensi tertinggi 15 dengan interval 17 < X ≤ 35 yang menunjukakan bahwa pengetahuan lingkungan hidup siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana berada pada kategori rendah. 2) Perilaku peduli lingkungan siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana memiliki frekuensi tertinggi 15 dengan interval 71 < X ≤ 77 yang menunjukkan bahwa perilaku peduli lingkungan siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana berada pada kategori cukup baik. 3) Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan perilaku peduli lingkungan siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana tidak memiliki hubungan dimana tingkat korelasinya sebesar 0,201 dan berada pada interval 0,20 – 0,1399 yang berarti tidak korelasi.
Kata kunci : hubungan, pengetahuan lingkungan, perilaku peduli

ABSTRACT
Rahma NIM 18010108064. The Relationship between Environmental Knowledge and Environmental Care Behavior for MTs Students. Ibnul Amin Tampabulu, Bombana Regency. Supervised by: Mr. Dr. Jumarddin La Fua S.Si, M.Si and Mrs. Balda S.Si , M. Si
Teachers at schools always direct and remind students to keep the school environment clean and direct students to make crafts from used materials both from organic and inorganic materials such as those made by students, namely using dry tree branches to be used as room decorations. Even though the teachers have tried to make their students care about the environment, there are still some who throw garbage carelessly. The aims of this research are to: 1) find out how material understanding environment life student MTs. Ibnul Amin Tampabulu . 2) For knowing how caring behavior environment student MTs. Ibnul Amin Tampabulu . And 3) For test is there is connection knowledge environment life with caring behavior environment student MTs. Ibnul Amin Tampabulu . The object of this research is the sixth grade students of MTs. Ibnul Amin Tampabulu, Bombana Regency. This study uses a correlation research method with a quantitative approach. The sampling technique used is saturated sampling technique with a sample size of 38 students. The data collection method is using measuring tools in the form of multiple choice tests and questionnaires which are then analyzed using correlational analysis techniques using Pearsont Product Moment and prerequisite tests and drawing conclusions. The results showed that 1) Knowledge environment life MTs Ibnul Amin Tampabulu students Regency Bombana have highest frequency 15 with interval 17 < X 35 which shows that environmental knowledge of MTs Ibnul Amin Tampabulu students Regency Bombana is at category low. 2) Behavior care environment MTs Ibnul Amin Tampabulu students Regency Bombana have highest frequency 15 with interval 7 1 < X 77 which shows that the environmental care behavior of the students of MTs Ibnul Amin Tampabulu Regency Bombana is in the fairly good category. 3) Relationship knowledge environment life with behavior care environment student MTs Ibnul Amin Tampabulu Regency Bombana no have connection where level correlation of 0.201 and is at in the interval 0.20 – 0.1399 which means no correlation .
Keywords: relationship, environmental knowledge, caring behavior

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci : hubungan, pengetahuan lingkungan, perilaku peduli
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : hubungan, pengetahuan lingkungan, perilaku peduli
Subjects: 100 Filsafat Dan Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan ( > 155.9 Psikologi Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:08
Last Modified: 20 Nov 2023 02:08
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item