PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA SD NEGERI 02 KENDARI

IRAWANTI LIMPONG(17010104101), I (2023) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA SD NEGERI 02 KENDARI. Other thesis, IAIN.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Irawanti limpong, Nim 17010104101, Peran Guru Dalam Pembentukan
Karakter Cinta Damai Pada Siswa SD Negeri 02 Kendari, Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Supriyanto
M.Ag dan Dra Marlina M.Pd.I



Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan wawancara awal
penelitian terhadap guru SD Negeri 02 Kendari.Pendidikan karakter sejak usia
dini merupakan bagian yang sangat penting dalam memebentuk karakter
seseorang. Untuk mencegah siswa melakukan tindakan kekerasan dan membuat
kerusuhan, maka guru akan menerapkan karakter cinta damai. Rumusalan masalah
pada penilitian ini adalah bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter
cinta damai pada siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Kendari.Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan peran yang digunakan dalam pembentukan karakter cinta
damai pada siswa di SD Negeri 02 Kendari.Penekatan yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitian
ini adalah guru kelas 5.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan observasi dengan pastisipasi terbatas dan wawancara mendalam.Teknik
analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan
karakter cinta damai di Sekolah Dasar Negeri 02 Kendari dilakukan dengan cara
(1) Guru menunjukkan keteladanan yang baik yang dapat diteladani oleh siswa (2)
Guru melaksanakan pembelajaran yang menerapkan karakter cinta damai yang
meliputi suasana kelas yang nyaman, tentram dan harmonis, anti kekerasan, tidak
bias gender, dan peduli terhadap sesama. (3) Lingkungan sekolah yang cinta
damai yang dilaksanakan melalui kegiatan disekolah. Berdasarkan analisis data
dapat disimpulkan bahwa penerapan karakter cinta damai diSekolah Dasar Negeri
02 Kendari sudah sangat baik.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Cinta Damai

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pendidikan Karakter, Cinta Damai
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Cinta Damai
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:24
Last Modified: 21 Nov 2023 02:24
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item