ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPRA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Kepulauan)

Iman Budiansyah Nim: 19050101073, I (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPRA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Kepulauan). Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Iman Budiansyah Nim: 19050101073. Analisis Strategi Pemasaran
Kopra Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan
Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Kepulauan). Di Bimbing
Oleh Dr. Rusdin Muhalling, M.EI Dan Mahfudz, Lc.ME. Program
Studi Ekonomi Syariah 2023

Kopra adalah salah satu komoditas penting dan merupakan sumber
penghasilan utama bagi para petani di Kecamatan Wawonii Tengah,
meski demikian dinamika pemasaran kopra tidak luput dari beberapa
masalah yang dihadapi, diantaranya secara umum dalam struktur pasar
petani kopra berada pada posisi penerima harga sehingga petani sebagai
penjual tidak mampu merubah eksistensi harga yang ditetapkan oleh
pembeli dikarenakan posisi petani yang lemah dalam menentukan
harga komoditasnya sendiri, selain itu jarak antara petani kopra dengan
pabrik yang cukup jauh sehingga efisiensi pemasaran sangat sulit
diperoleh untuk menghasilkan nilai pendapatan yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang
dilakukan oleh petani kopra di Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten
Konawe Kepulauan dalam memasarkan kopranya ditinjau dalam
perspektif ekonomi Islam. Dalam Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan
(Field Research). Adapun pendekatan yang digunakan yakni studi
kasus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Strategi
pemasaran yang dilakukan oleh petani kopra di Kecamatan Wawonii
Tengah menggunakan strategi produk, strategi harga, dan strategi
lokasi. (2) Pendapatan petani kopra di Kecamatan Wawonii Tengah
tergolong menjadi dua yakni petani dengan pendapatan > Rp.
2.000.000. dan petani dengan jumlah pendapatan < Rp. 2.000.000. (3)
Pandangan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran yang digunakan
oleh petani kopra di Kecamatan Wawonii Tengah menggunakan teori
karakteristik pemasaran syariah belum sepenuhnya sesuai.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi, Pemasaran, Perspektif Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:32
Last Modified: 20 Jul 2023 01:32
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item