PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 KENDARI

EVITA FEBRIANA (19010107011), E (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (523kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Evita Febriana, NIM. 19010107011, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru
Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di
SMP Negeri 1 Kendari, Program Studi Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Dibimbing
oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc dan Ibu Nourma Yulita, S.Pd.,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi
pedagogik guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
di SMP Negeri 1 Kendari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan
menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kendari
dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas VIII yaitu sebanyak 331 siswa dan
sampel sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dataset statistik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji deskriptif
statistik, uji inferensial dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
motivasi belajar siswa, diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 44,007 > 3,97 dan nilai
thitung 3,424 > ttabel 1,665 dengan kontribusi sebesar 37%; 2) kompetensi pedagogik
guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa,
diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 11,721 > 3,97 dan nilai thitung 6,634 > ttabel 1,665
dengan kontribusi sebesar 13,5%; dan 3) kompetensi pedagogik guru berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, diperoleh
hasil uji simultan pada Wilks’ Lambda, nilai Fhitung < Ftabel yaitu 2,397 < 3,12
dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005.
ABSTRACT
Evita Febriana, NIM. 19010107011, The Effect of Teacher Pedagogical
Competence on Student Motivation and Learning Outcomes in Science Subjects
at SMP Negeri 1 Kendari, Tadris Science Study Program, Faculty of Tarbiyah
and Teacher Science, State Islamic Institute (IAIN) Kendari, Supervised by:
Mr. Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc and Mrs. Nourma Yulita, S.Pd., M.Pd.
This study aims to determine the effect of teacher pedagogical
competence on student motivation and learning outcomes in science subjects at
SMP Negeri 1 Kendari. This research is a type of survey research using
quantitative methods. The research location is SMP Negeri 1 Kendari with a
total population of all grade VIII students, namely 331 students and a sample of
77 students. Data collection techniques using questionnaires and statistical
datasets, while the data analysis techniques used are descriptive statistical tests,
inferential tests and hypothesis testing. The results of this study indicate that: 1)
teacher pedagogical competence has a positive and significant effect on student
learning motivation, obtained Fcount> Ftable value of 44.007> 3.97 and tcount
value of 3.424> t table 1.665 with a contribution of 37%; 2) teacher pedagogical
competence has a positive and significant effect on student learning outcomes,
obtained Fcount> Ftable of 11.721> 3.97 and tcount value of 6.634> t table
1.665 with a contribution of 13.5%; and 3) teacher pedagogical competence has
a positive and significant effect on student motivation and learning outcomes,
obtained from the simultaneous test results on Wilks' Lambda, the value of
Fcount < Ftabel, namely 2.397 < 3.12 with a significant value of 0.000 < 0.005

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi, Hasil Belajar.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi, Hasil Belajar.
Subjects: 000 Kelas Umum > 001 Pengetahuan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:50
Last Modified: 30 Nov 2023 05:50
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item View Item