STRATEGI TPQ AL-KAYYIS KELURAHAN WUNDUDOPI KOTA KENDARI DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK

YUNI NURAINI (19030102002), Y (2023) STRATEGI TPQ AL-KAYYIS KELURAHAN WUNDUDOPI KOTA KENDARI DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (988kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (714kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (818kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (928kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuni Nuraini. NIM. 19030102002 “Strategi TPQ Al-Kayyis Kelurahan
Wundudopi Kota Kendari Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak”.
Dibimbing oleh: Dr. Ni’matuz Zuhrah, Lc., M.Th.I.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi TPQ dalam mengembangkan
perilaku prososial anak di TPQ Al-Kayyis Kelurahan Wundudopi Kota Kendari.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran
perilaku prososial anak, bagaimana strategi TPQ dalam mengembangkan perilaku
prososial anak, serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Manfaat penelitian
ini adalah untuk memberikan informasi bagi pembaca terkait penerapan strategi
fungsi TPQ dalam mengembangkan perilaku prososial anak. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan
analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prososial anak sebelum dan sesudah
masuk TPQ tentunya terdapat perubahan. Perilaku prososial anak sebelum masuk
TPQ dapat dikatakan belum begitu baik, dibuktikan dengan sikap belum gemar
berbagi, sopan santun dalam berbicara masih kurang, dan belum paham kepedulian
terhadap lingkungan sosialnya. Sedangkan Perilaku Prososial anak setelah masuk di
TPQ Al-Kayyis cenderung lebih baik dengan mengacu pada aspek-aspek perilaku
prososial seperti berbagi, kerjasama, menolong, jujur, dan dermawan. Dibuktikan
dengan sikap mau mendengarkan cerita teman, taat peraturan, menolong teman yang
kesulitan, mengakui kesalahan yang telah diperbuat, dan meminta maaf ketika
melakukan kesalahan. Strategi TPQ dalam mengembangkan perilaku prososial
pertama: memberikan materi akhlak sesuai dengan buku pedoman yaitu ) “Garis�garis Besar Materi dan Target Pembinaan Generus” yang diterbitkan oleh Pembina
Generus Pusat. Materi akhlak tersebut meliputi: akhlak, adab/tata krama, dan
kemandirian. Pemberian materi akhlak dilakukan sekali dalam seminggu. Kedua:
memberikan materi akhlak dengan metode BCM (bermain, cerita, menyanyi).
Ketiga: memberikan pembiasan yang baik kepada anak seperti sikap gemar berbagi.
Keempat: melakukan komunikasi yang baik antara orangtua dan guru. Faktor
pendukung TPQ dalam mengembangkan perilaku prososial adalah kerjasama yang
baik antara orangtua dan guru dan lingkungan yang sepaham. Sedangkan faktor
penghambatnya: Pertama, tingkat pemahaman anak yang berbeda-beda. Kedua,
masih terdapat orangtua yang sikap acuh terhadap pendidikan anaknya.
ABSTRACT
Yuni Nuraini. NIM. 19030102002 "TPQ Al-Kayyis Strategy, Wundudopi
Village, Kendari City in Developing Children's Prosocial Behavior". Supervised
by: Dr. Ni'matuz Zuhrah, Lc., M.Th.I.
The purpose of this study was to determine TPQ's strategy in developing children's
prosocial behavior at TPQ Al-Kayyis, Wundudopi Village, Kendari City. The
problems raised in this study are how to describe children's prosocial behavior, how
the TPQ strategy is in developing children's prosocial behavior, as well as supporting
and inhibiting factors.The benefit of this research is to provide information for
readers regarding the application of the TPQ function strategy in developing
children's prosocial behavior. This research is a qualitative research. Data collection
techniques used are observation, interviews and documentation. Data analysis
techniques were carried out based on descriptive analysis, namely data reduction,
data presentation and conclusion.The results of the study show that the child's
prosocial behavior before and after entering TPQ certainly changes. The prosocial
behavior of children before entering TPQ can be said to be not very good, as
evidenced by the attitude that they do not like to share, the manners in speaking are
still lacking, and they do not understand concern for their social environment.
Meanwhile, the prosocial behavior of children after entering TPQ Al-Kayyis tends to
be better with reference to aspects of prosocial behavior such as sharing, cooperation,
helping, honesty, and generosity. Evidenced by the attitude of wanting to listen to
friends' stories, obeying rules, helping friends who are in trouble, admitting mistakes
that have been made, and apologizing when they make mistakes. TPQ's strategy in
developing the first prosocial behavior: providing moral material in accordance with
the guidebook, namely) "Outlines of Generus Development Material and Targets"
issued by the Central Generus Trustees. The moral material includes: morals,
manners/manners, and independence. Provision of moral material is done once a
week. Second: providing moral material using the BCM method (playing, telling
stories, singing). Third: provide good habituation to children such as sharing. Fourth:
good communication between parents and teachers. Factors supporting TPQ in
developing prosocial behavior is good cooperation between parents and teachers and
a like-minded environment. While the inhibiting factors: First, the level of
understanding of children is different. Second, there are still parents who are
indifferent to their children's education.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi TPQ, Perilaku Prososial
Uncontrolled Keywords: Strategi TPQ, Perilaku Prososial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:01
Last Modified: 30 Nov 2023 06:01
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item