EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PAHIMA (PAPAN HITUNG MATEMATIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II MIS ASY SYAFI’IYAH KENDARI

NUR ULFA (19010104048), N (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PAHIMA (PAPAN HITUNG MATEMATIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II MIS ASY SYAFI’IYAH KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Ulfa, NIM: 19010104048. Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran
PAHIMA (Papan Hitung Matematika) Terhadap Hasil Belajar Matematika
Pada Siswa Kelas II MIS Asy-Syafi’iyah Kendari. Dibimbing oleh: Bapak
Aliwar S.Ag. M.Pd dan Bapak Dedyerianto S.Si. M.Si.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui pelaksanaan
pemanfaatan media pembelajaran papan hitung matematika. (2) Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas II MIS Asy-Syafi’iyah
Kendari sebelum perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas II MIS Asy-Syafi’iyah
Kendari sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen. (4) Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas II MIS Asy-Syafi’iyah
Kendari setelah perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen desain penelitian adalah pretest-postest control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MIS
Asy-Syafi’iyah Kendari. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive
sampling, kelas II A sebagai kelas kontrol dan kelas II B sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan
dokumentasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol sebelum perlakuan (pretest) dimana t hitung 0,648 < ttabel 2,006. (2) Terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum
dan setelah perlakuan dimana thitung 9,235 > ttabel 2,052. (3) Terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol
setelah perlakuan (postest) dimana thitung 2,329 > ttabel 2,006. Selanjutnya hasil uji
N-Gain terlihat bahwa presentase rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen
menunjukkan nilai sebesar 63,78% pada kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan hitung
matematika cukup efektif digunakan pada siswa kelas II MIS Asy-Syafi’iyah
Kendari.
ABSTRACT
Nur Ulfa, NIM: 19010104048. The effectiveness of the use of PAHIMA
learning media (Mathematics Calculation Board) on mathematics learning
outcomes in grade II students of MIS Asy-Syafi'iyah Kendari. Guided by: Mr.
Aliwar S.Ag. M.Pd and Mr. Dedyerianto S.Si. M.Si.
This research was conducted with the aim of (1) To determine the
implementation of the use of mathematical calculation board learning media. (2)
To find out whether there are differences in the learning outcomes of grade II
students of MIS Asy-Syafi'iyah Kendari before treatment in the experimental class
and the control class. (3) To find out whether there are differences in the learning
outcomes of grade II students of MIS Asy-Syafi'iyah Kendari before and after
treatment in the experimental class. (4) To find out whether there are differences
in learning outcomes of grade II students of MIS Asy-Syafi'iyah Kendari after
treatment in experimental and control classes. This research is an experimental
research research design is pretest-postest control group design. The population
in this study was all grade II students of MIS Asy-Syafi'iyah Kendari. The
research sample was determined by purposive sampling technique, class II A as
the control class and class II B as the experimental class. Data collection
techniques use observation, tests and documentation with the data analysis
techniques used are descriptive and inferential analysis. The results showed that:
(1) There was no significant difference between the learning outcomes of
experimental class students and the control class before treatment (pretest) where
tcount 0.648 < ttable 2.006. (2) There is a significant difference between the learning
outcomes of experimental class students before and after treatment where tcount
9.235 > ttable 2.052. (3) There is a significant difference between the learning
outcomes of experimental class students and the control class after treatment
(postest) where the tcount is 2,329 > ttable is 2,006. Furthermore, the results of the
N-Gain test showed that the average percentage of N-Gain scores in the
experimental class showed a value of 63.78% in the category of quite effective.
Based on the results of the study, it can be concluded that the mathematics
calculation board learning media is quite effective for grade II students of MIS
Asy-Syafi'iyah Kendari.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Media Papan Hitung Matematika
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Media Papan Hitung Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:10
Last Modified: 01 Dec 2023 07:10
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item