Rismawati. 18030103017., R (2023) STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AS-SULAIMANIYYAH AL-MUSTANIR DALAM MENINGKATKAN MUTU DAKWAH PADA ANAK DI KECAMATAN RUMBIA TENGAH KABUPATEN BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 5 December 2023. Download (2MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rismawati. NIM. 18030103017. Strategi Pengelolaan Taman Pendidikan Al�Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam Meningkatkan Mutu Dakwah
pada Anak di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Dibimbing
oleh: Dr. Mansur, S. Ag., M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi pengelolaan
taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan
mutu dakwah pada anak di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Dalam
penelitian ini, pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Selain pendekatan secara deskriptif juga dilakukan secara normatif, yaitu data yang
diperoleh dari beberapa literatur, berupa buku dan jurnal terkait pembahasan, serta
wawancara dengan beberapa orang yang terlibat sebagai informan dalam penelitian
ini. Rumusan masalah pada penelitian ini, pertama, bagaimana strategi pengelolaan
taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan
mutu dakwah pada anak. Kedua, bagaimana strategi dakwah taman pendidikan al�Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan mutu dakwah pada
anak. Ketiga, apasaja faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan taman
pendidikan al-Qur’an dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak di Kecamatan
Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,
strategi pengelolaan taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir
dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak yaitu menyiapkan guru yang
berkualitas, membagi tugas pada guru, menyiapkan dana untuk para guru,
mengadakan evaluasi pada kinerja guru, membuat kurikulum dan membuat absensi
pada guru dan santri. Kedua, strategi dakwah taman pendidikan al-Qur’an dalam
meningkatkan mutu dakwah pada anak yaitu, membagi pelajaran menjadi 3 yaitu
pembinaan tauhid, belajar al-Qur’an dan menghafal. Memberikan hadiah bagi santri
yang berhasil menyelesaikan tugas, membangun komunikasi yang baik dengan orang
tua santri dan rajin berinteraksi pada santri. Ketiga, faktor pendukung, do’a dan
kerjasama dengan masyarakat setempat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu
kurangnya guru tetap di TPQ, orang tua yang tidak antusias dalam mengantar
anaknya ke TPQ dan terkumpulnya dana yang tidak menentu.
Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan, TPQ, Mutu dakwah anak, Kecamatan Rumbia
Tengah Kabupaten Bombana.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Strategi, Pengelolaan, TPQ, Mutu dakwah anak, Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengelolaan, TPQ, Mutu dakwah anak, Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 05:31 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 05:31 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2178 |
Actions (login required)
View Item |