PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD PADA SISWA SMPN 1 BESULUTU KABUPATEN KONAWE

Uci Arista NIM.15010107008., U (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD PADA SISWA SMPN 1 BESULUTU KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Uci Arista NIM.15010107008. Perbandingan Model pembelajaran kooperatif Tipe
Jigsaw Dan STAD Hasil Belajar IPA Terpadu Pada Siswa SMP Negeri 1 Konawe.
Dibimbing Oleh: Sri Anandari Safaria,S.Pd,.M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil pree-test pada
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan STAD; (2)
Perbedaan hasil pree-test dan post-test pada siswa kelas Jigsaw; (3) Perbedaan hasil
post-test pada siswa yang kelas Jigsaw dan kelas STAD Konawe.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi
Eksperimen dengan desain penelitian, Preetest-posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII, sampel ditetapkan dengan teknik
purpossive ramdom sampling yaitu memilih dua kelas masing-masing kelas VIIIA
sebagai kelas Jigsaw, dan kelas VIIIB sebagai kelas STAD. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan
reabilitas instrumen dengan rumus Kuder Richardson yang dilakukan pada 20 siswa
kelas IX SMPN 1 Konawe. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji
homogenitas varians. Untuk mengetahui hasil belajar kelas Jigsaw dan kelas STAD.
Teknik analisis menggunakan N-Gain dan untuk menguji hipotesis menggunakan
rumus Uji-t polled Varians dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Hasil perhitungan yang diperoleh untuk
nilai post test pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw pada tabel diatas bahwa P value < α = 0,05 yaitu 0,953 < 0.05;
2) Hasil perhitungan yang diperoleh untuk nilai post test pada kelas yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tabel diatas
bahwa P value < α = 0,05 yaitu 0,749 < 0.05; (3) Terdapat perbedaan post-test kelas
Jigsaw dan kelas STAD dibuktikan dengan thitung > ttabel (2.35 > 1.67). Dengan
demikian hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran IPA di SMPN 1 Besulutu.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: odel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dan Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: odel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dan Hasil Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:54
Last Modified: 21 Jul 2023 01:54
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item