TINGKAT PEMAHAMAN NASABAH TERHADAP MBANKING (MOBILE BANKING) BSI DI KOTA RAHA

Asnawia, A (2023) TINGKAT PEMAHAMAN NASABAH TERHADAP MBANKING (MOBILE BANKING) BSI DI KOTA RAHA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (879kB)

Abstract

ABSTRAK
Asnawia (2022). Program Studi Perbankan Syariah. Institute
Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Tingkat Pemahaman
Nasabah Terhadap M-banking (Mobile Banking) BSI di Kota
Raha Dibimbing Dr.Akmal ME dan Dr La Hadisi, S. Ag. M. Pd I.
Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang
Tingkat Pemahaman nasabah terhadap M-banking (Mobile banking)
BSI di Kota Raha. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui 1)
Bagaimana tingkat pemahaman nasabah generasi milenial di kota Raha
terhadap
mobile banking BSI. 2) Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi ketidakfahaman nasabah generasi milenial di Kota Raha
terhadap Mobile banking BSI. Penelitian ini mengguankan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan (
field research). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau
narasumber dalam penelitian ini yaitu masyarakat/nasabah generasi
milenial di kota Raha. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
redukasi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa Tingkat Pemahaman masyarakat
Kota Raha khususnya pada nasabah generasi milenial terhadap mobile
banking, yaitu ternyata masih banyak nasabah generasi milenial yang
tidak paham tentang mobile banking. Dimana nasabah generasi milenial
tersebut belum mampu menginterpretasikan mobile banking,
mencontohkan penggunaan m-banking, menjelaskan cara penggunaan
mobile banking, membadingkan antara yang menggunakan mobile
banking dan yang tidak menggunakan, mengklasifikasikan mobile
banking dan menyimpulkan. Tetapi ada juga nasabah generasi milenial
yang sudah paham dan cukup paham tentang mobile banking di mana
yang paham sudah mampu menjelaskan semua hal yang terkait dengan
mobile banking. Sedangkan yang cukup paham informan tersebut
hanya mampu menjelaskan mobile banking. Dari 28 informan yang
masuk kategori paham berjumlah 21% cukup paham berjumlah 14%,
sedangkan yang tidak paham berjumlah 65%. Adapun faktor-faktor
yang mempengaruhi ketidakfahaman nasabah generasi milenial di Kota
Raha terhadap Mobile banking yaitu Faktor Jaringan, Infrastruktur,
Pekerjaan, Lingkungan dan Informasi..

Kata kunci : Pemahaman, faktor yang mempengaruhi pemahaman, M-
banking

ABSTRACT
Asnawia (2022) Islamic Banking Study Program State Islamic
institute (IAIN) Kendari, level of community understanding of BSI
M-banking (Mobile Banking) in Raha City. Supersived by Dr
Akmal ME and Dr La Hadisi, S, Ag.M.Pd. I.
This research is a study that di scusses the level of customer
understanding of BSI M-Banking (mobile banking) in Kota Raha. The
propose of this study was to find out. 1) What is the level of
understanding of millenial generation customers in Kota Raha towards
BSI mobile banking. 2) What are the factors that ifluence the lack of
understanding og millenial generation customers in Kota Raha towads
BSI mobile banking. This research uses descriptive qualitative research
methods. The type of data used in thid research is primary and
secondary data with data collection techniques using oservation,
interviews and documentation. Informants or resource persons in this
study are the millennial generation of society/customers in Raha City.
Data analysis techniques in this study are data reduction, data
presentation and drawing conclusions. From the results of the study it
can be concluded that the level of understanding of the Raha City
community, especially millennial generatiom customers, is that there
are still many millennial generation customers who do not understand
mobile banking. Where the millennial generation customers have not
been able to interpret mobile banking, exemplify the use of mobile
banking, exemplify the use of mobile banking, explain hoe to use
mobile banking, compare those who use and those who do not use
mobile banking, classify and conclude. But there are also millennial
generation customers who already understand and understand enough
about mobile banking where those who undersatand are able to explain
everything related to mobile banking. Meanwhile, those who were quite
knowledgeable about the informants were only able to complete mobile
banking. Of the 28 informants who were in the understanding category,
21% 14% sufficiently undestand, while 65%. Did not understand.The
Factors that ifluence the lack of understanding of millennial generation
customers in Raha City towrds mobile banking are nettworkk,
infrastructure, work eviroment and information factors.

Keywords: Understanding, factors that influence understanding, Mbanking

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pemahaman, faktor yang mempengaruhi pemahaman, M- banking
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, faktor yang mempengaruhi pemahaman, M- banking
Subjects: Ekonomi > Bank
Ekonomi > Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:20
Last Modified: 21 Jul 2023 02:20
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item