STRATEGI BRANDING KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI SMK NEGERI 9 KONAWE SELATAN

Putri Rahmadani 16010103010, P (2023) STRATEGI BRANDING KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI SMK NEGERI 9 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Putri Rahmadani NIM 16010103010. “Strategi Branding Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Citra Lembaga di SMKN 9 Konawe Selatan”. Dibimbing oleh: Dr.
Samrin, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepala Sekolah serta strategi branding
kepala sekolah dalam membangun citra lembaga di SMKN 9 Konawe Selatan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian terdiri dari
3 informan yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan tenaga pendidik (guru). Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang
terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber
metode dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran kepala sekolah sebagai educator yaitu
berusaha membimbing seluruh guru/staf, mengupayakan guru untuk mengikuti MGMP,
mengembangkan guru/staf melalui pendidikan atau latihan melalui pertemuan, seminar dan
diskusi, mendampingi peserta didik mengikuti lomba; 2) Peran manager yaitu kepala sekolah
membina hubungan yang saling menguntungkan dengan publik internal dengan dengan
mengadakan Mni Expo sedangkan dengan public eksternal menjalin kerjasama dengan
DU/DI; 3) peran administrator meliputi kelengkapan administrasi kepegawaian, kelengkapan
administrasi KBM dan perangkat pembelajaran; 4) peran supervisor yakni memiliki program
supervisi KBM, memiliki program supervisi perangkat pembelajaran dan program supervisi
kehadiran guru; 5) peran innovator yakni melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar
mengajar dan bimbingan konseling, pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan,
kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya
manusia di komite dan masyarakat. Dengan memfasilitasi pelatihan guru dan tenaga
kependidikan dengan mengirimkan atau menyelenggarakan sendiri kegiatan tersebut; 6)
peran motivator yakni mengatur lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman dan teratur,
menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan guru, dapat memotivasi secara personal
maupun kelompok; dan 7) peran leader yaitu sebagai juru bicara atau sebagai penghubung
dalam menyampaikan informasi antara kepala sekolah dengan publik melalui sosialisasi
kepada masyarakat dengan presentasi ke SMP tentang profil sekolah, kerja sama dengan
DU/DI, penyampaian informasi kepada alumni, penyampaian informasi kepada masyarakat,
dan penyampaian informasi kepada pemerintah. (2) Strategi branding kepala sekolah dalam
meningkatkan citra lembaga di SMKN 9 Konawe Selatan melalui beberapa tahapan/langkah
yaitu 1) mempelajari keadaan dan kondisi sekolah dimana kepala sekolah menemukan
kondisi bahwa a) Fasilitas dan sarana prasarana masih sederhana; b) Rendahnya semangat
siswa untuk disiplin; c) Lokasi sekolah yang trategis; dan d) Sebagian masyarakat masih
memandang negative terhadap pendidikan di SMK., 2) memperbaiki kondisi fisik sekolah;
dan 3) Promosi kepada masyarakat dan kerjasama dengan instansi lain

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi, Branding, Kepala Sekolah,Citra Lembaga, SMKN 9 Konawe Selata
Uncontrolled Keywords: Strategi, Branding, Kepala Sekolah,Citra Lembaga, SMKN 9 Konawe Selata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:45
Last Modified: 08 Dec 2023 02:45
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item