Hernia, 17010107021., H (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KUSAMBI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 8 December 2023. Download (3MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hernia, Nim. 17010107021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di SMP
Negeri 1 Kusambi. Dibimbing Oleh : Bapak Dr. Masdin M.Pd dan Bapak
Ismaun S.Si., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri
1 Kusambi, pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil
belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kusambi, dan pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa
kelas VII di SMP Negeri 1 Kusambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas VII SMP Negeri 1 Kusambi yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa
sebanyak 115. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu
kelas VII.1 dan kelas VII.2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, obsevasi, metode tes, dan metode kuesioner (angket). Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen . Uji
validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas
menggunakan rumus alpha Cronbach. Hasil penelitian pada signifikansi 5%
menunjukkan bahwa hasil uji-t posttest minat belajar diperoleh nilai thitung sebesar
2,62 dan ttabel 1,68. Nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada
pengaruh model pembelajaran kooperatif t ipe jigsaw terhadap minat belajar IPA
siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kusambi, hasil uji-t posttest hasil belajar
diperoleh nilai thitung sebesar 3,19 dan ttabel 1,68. Nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak
dan H1 diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap hasil belajar IPA siswa VII di SMP Negeri 1 Kusambi, dan hasil uji
MANOVA posttest minat dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak
dan H1 diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kusambi.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : SMP Negeri 1 Kusambi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | SMP Negeri 1 Kusambi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Uncontrolled Keywords: | SMP Negeri 1 Kusambi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 06:16 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 06:16 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2300 |
Actions (login required)
View Item |