IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL FALAH KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN

ANDI FEBRI AMALIA: 19010101150, A (2023) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL FALAH KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (961kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (713kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (909kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (701kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (719kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Andi Febri Amalia, 19010101150. Implementasi Metode Inkuiri Pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Falah Kecamatan Buke Kabupaten
Konawe Selatan. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Kendari.
Dibimbing oleh: Dr. Imelda Wahyuni, S.S.,M.Pd.I dan Balda, S.Si, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode inkuiri pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Nurul Falah Kecamatan Buke
Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif
kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Nurul Falah, Jl. Perintis, Desa Adaka Jaya
Kec. Buke, Kab. Konawe Selatan. Adapun data dan sumber data terdiri dari data
primer dan sekunder. Serta teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah
editing data, klarifikasi data, display data, verifikasi data. Adapun triangulasi yang
digunakan yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan metode inkuiri, guru menerapkan beberapa
langkah-langkah diantaranya langkah orientasi yaitu guru membuka
pembelajaran, memberi salam dan berdoa, mengecek kehadiran, mengkondisikan
suasana belajar, mengajukan pertanyaan, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan
menyampaikan gambaran kepada siswa tentang materi yang akan dilakukan.
Langkah kedua merumuskan masalah yaitu menstimulus siswa untuk berpikir
tentang materi pembelajaran, mempersilahkan siswa untuk mengemukakan
pendapat terhadap materi yang dibahas. Langkah ketiga menentukan hipotesis
yaitu siswa mengungkapkan pendapat dengan pemahamannya masing-masing,
guru membuat kelompok dan memberikan tugas untuk masing-masing kelompok.
Langkah keempat mengumpulkan data yaitu siswa dengan bimbingan guru
melakukan pengumpulan data perkelompok tentang dengan kegiatan
pembelajaran. Langkah kelima menguji hipotesis yaitu mengadakan pengujian
hipotesis dan mengembangkan hipotesis, perwakilan kelompok mempresentasikan
hasil diskusi. dan langkah terakhir merumuskan kesimpulan yang ditandai dengan
merumuskan kesimpulan dari seluruh kelompok tentang materi pembelajaran.
Kata kunci: Metode Inkuiri, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Kelas VII.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Metode Inkuiri, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Kelas VII.
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Kelas VII.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:34
Last Modified: 08 Dec 2023 06:34
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item