EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SDN SATAP 04 KONAWE SELATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Nuril Fajri Asshadiq. 17010104012, M (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SDN SATAP 04 KONAWE SELATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Nuril Fajri Asshadiq. NIM. 17010104012. Efektivitas
Pembelajaran di SDN Satap 04 Konawe Selatan Selama Masa Pandemi Covid-19.
Dibimbing oleh: Dr. Ros Mayasari, S.Ag, M.Si.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi
efektivitas pembelajaran di SDN Satap 04 Konsel selama masa Pandemi Covid-19
dan untuk menganalisis apa saja upaya yang dilakukan SDN Satap 04 Konsel
untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SDN Satap 04 Konsel selama
masa pandemi. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 42 hari dengan
metode kualitatif dengen pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data lalu di reduksi kemudian data
disajikan dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa proses pembelajaran di SDN Satap 04 Konsel menggunakan pembelajaran
blended learning yaitu mengkombinasikan antara pembelajaran daring dan luring.
Pelaksanaan pembelajaran blended learning ini dilaksanakan secara bergantian
antara daring dan luring. Peserta didik kurang berpartisipasi saat belajar. Proses
komunikasi di SDN Satap 04 Konsel ini berjalan dengan baik. Peserta didik
kurang menguasai materi pembelajaran sebab pembelajaran dibatasi dengan
waktu. Hasil belajar peserta didik selama masa Pandemi Covid-19 mengalami
penurunan. Pembelajaran di SDN Satap 04 Konsel tidak berjalan efektif. adapun
upaya yang dilakukan oleh sekolah dan guru untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran selama masa pandemi covid-19 yaitu dengan memberlakukan
pertemuan secara bertahap sebanyak 3 kali seminggu secara tatap muka,
melakukan kerjasama dengan orangtua peserta didik, memberikan motivasi,
memberikan kebijakan bagi pesera didik yang tidak mempunyai smartphone
untuk mengambil materi dan tugasnya di sekolah. Adapun rekomendasi peneliti
yaitu agar penelitian selanjutnya menambahkan pengamatan dan poin wawancara
terhadap orang tua dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran selama masa
pandemi Covid-19, ketika pandemi belum berakhir maka pembelajaran tersebut
bisa memberlakukan pembelajaran offline dengan memperketat prokes dan sistem
belajar dengan sift pagi serta siang, sebagai persiapan untuk selalu mengadakan
pelatihan untuk tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran Daring.
Seperti pelatihan menggunakan aplikasi pendukung dalam pembelajaran daring
seperti, Zoommeeting, goooglemeet dan aplikasi lainnya.
Kata Kunci: efektivitas pembelajaran; blended learning; pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: efektivitas pembelajaran; blended learning; pandemi covid-19
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran; blended learning; pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:44
Last Modified: 08 Dec 2023 07:44
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item