PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH (MA) DARUL MUKHLISIN KENDARI

Siti Arlian.18010108036., S (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH (MA) DARUL MUKHLISIN KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2023.

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN - ABSTRAK.pdf

Download (430kB)

Abstract

Siti Arlian. NIM. 18010108036. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru
terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di
Madrasah Aliyah (MA) Darul Mukhlisin Kendari Dibimbing Oleh: bapak Dr.
Jumarddin La Fua S.Si, M.Si dan Rosmini, S.Si, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterampilan mengajar
yang dilakukan di kelas XI pada mata pelajaran Biologi. 2) Mengetahui hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Biologi.kelas XI di MA Darul Mukhlisin. 3) Mengetahui
pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Biologi kelas XI di MA Darul Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini observasi, menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan mengajar guru terletak pada
kategori sedang, dapat dilihat Pada gambar 4.12. 2) Hasil belajar siswa di MA Darul
Mukhlisin dapat dilihat Tabel 4.14, menunjukkan bahwa siswa MA Darul Mukhlisin
Kendari dihitung dari jumlah sampel 46 siswa, siswa yang memiliki kategori sangat
tinggi sebanyak 3 siswa dengan persentase 7%, siswa yang memiliki kategori tinggi
sebanyak 5 siswa dengan persentase 11%, siswa yang memiliki kategori sedang
sebanyak 23 siswa dengan persentase 50%, dan siswa yang memiliki kategori rendah
sebanyak 15 siswa dengan persentase 33%. Data tersebut menunjukkan
kecenderungan dari variabel hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Darul Mukhlisin
terletak pada kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru
terhadap hasil belajar biologi siswa, dapat dilihat dari uji hipotesis (uji t), dimana
didapatkan nilai 0,00 ≤ 0.05 maka H0 ditolak H1 di terima, dan Dapat dilihat dari uji
koefisien determinasi diketahui nilai R square sebesar 0.309 hal ini mengandung arti
bahwa pengaruh variabel keterampilan mengajar guru (X) terhadap variabel hasil
belajar (Y) adalah sebesar 30,9% sedangkan sisanya 69,1% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Keterampilan mengajar guru, Hasil Belajar Siswa, Mata pelajaran
Biologi

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Keterampilan mengajar guru, Hasil Belajar Siswa, Mata pelajaran Biologi
Uncontrolled Keywords: Keterampilan mengajar guru, Hasil Belajar Siswa, Mata pelajaran Biologi
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:39
Last Modified: 11 Dec 2023 01:39
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item