STUDI KOMPARATIF BELAJAR TUNTAS MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN BENJAMIN BLOOM

ABD WAHID. 19010101139., A (2023) STUDI KOMPARATIF BELAJAR TUNTAS MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN BENJAMIN BLOOM. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2023.

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABD WAHID. 19010101139. “Studi Komparatif Belajar Tuntas Menurut
Imam Al-Ghazali Dan Benjamin Bloom”. Dibimbing Oleh: Prof. Dr. H.
Zulkifli M. M.Si, M.Pd dan DR. Samsul Bahri, MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep belajar tuntas
menurut Imam Al-Ghazali dan Benjamin Bloom serta aktualisasi pemikiran
Imam Al-Ghazali dan Benjamin bloom terhadap pendidikan saat ini. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (penulisan
perpustakaan). Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif. Didasarkan kepada
tempat dan sumber data penelitian, yaitu perpustakaan dan buku-buku mengenai
pemikiran Imam Al-Ghazali dan Benjamin Bloom mengenai belajar tuntas, jenis
penelitian ini digolongkan kepada penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskrptif dan komparatif. Hasil penelitian ini
diperoleh bahwa: 1) Belajar tuntas menurut Imam Al-Ghazali yaitu upaya memahami
dan menguasai sebuah ilmu secara tuntas sebelum melangkah ke pembelajaran
selanjutnya sedangkan menurut Benjamin Bloom belajar tuntas yaitu sebuah konsep
dalam pembelajaran untuk menilai tingkat penguasaan dan pemahaman peserta didik
terhadap materi yang telah diberikan oleh pendidik. 2) Terdapat persamaan dan
perbedaan terkait konsep belajar tuntas menurut Imam Al-Ghazali dan Benjamin Bloom.
3) Aktualisasi pemikiran Imam Al-Ghazali terkait belajar tuntas terhadap pendidikan
saat ini menunjukan bahwa ilmu akhirat menjadi sangat diutamakan tetapi tidak
meninggalkan ilmu dunia. Sedangkan aktualisasi pemikiran Benjamin Bloom terkait
belajar tuntas terhadap pendidikan saat ini yaitu menunjukan bahwa belajar tuntas dapat
menjawab salah satu problematika dalam dunia pendidikan.
Kata Kunci: Belajar Tuntas, Imam Al-Ghazali, Benjamin Bloom

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Belajar Tuntas, Imam Al-Ghazali, Benjamin Bloom
Uncontrolled Keywords: Belajar Tuntas, Imam Al-Ghazali, Benjamin Bloom
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:13
Last Modified: 11 Dec 2023 03:13
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item