PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KABUPATEN BOMBANA SAAT PANDEMI COVID-19

Andi Putri Wulandari Mangidi. NIM. 2020040202018., A (2023) PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KABUPATEN BOMBANA SAAT PANDEMI COVID-19. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
CAVER TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 1-22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 23-33.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB II TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 34-66.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB III TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 67-78.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB IV TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 79-108.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB V TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 109-111.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN TESIS ANDI PUTRI WULANDARI MANGIDI - WATERMAX 112-159.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Andi Putri Wulandari Mangidi. NIM. 2020040202018. Pengaruh Stres Kerja
dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Kabupaten Bombana Saat Pandemi Covid-19. Dibimbing Oleh (Dr.
Samrin, M.Pd.I. sebagai Pembimbing I dan Dr. Aris Try Andreas Putra,
M.Pd. Sebagai Pembimbing II)

Guru sebagai faktor penentu dalam keberhasilan pendidikan perlu
diperhatikan kondisi fisik dan psikisnya pada masa pandemi Covid_19 saat ini
(Ratten & Jones, 2020). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1)
untuk menganalisis Pengaruh stres kerja terhadap kinerja guru di MI Kabupaten
Bombana saat pandemi Covid_19; 2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja
guru di MI Kabupaten Bombana saat pandemi Covid_19; 3) Pengaruh stres kerja
dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di MI Kabupaten Bombana saat
pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif
dengan pendekatan ex post facto. Ex post facto yang artinya sesudah fakta,
pengambilan data secara survei dengan menetapkan sampel adalah Guru
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Di Bombana sebanyak 42 Responden. Berdasarkan
hasil analisis menunjukkan bahwa, 1) Stres kerja berpengaruh negatif terhadap
kinerja guru di MI Kabupaten Bombana saat pandemi Covid-19, dengan nilai t
hitung
-4,423 > t
2,021 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Yang artinya jika
stres kerja yang dirasakan semakin tinggi, maka kinerja guru juga akan semakin
rendah. 2) Lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru di MI
Kabupaten Bombana saat pandemi Covid-19, dengan nilai t
tabel
hitung
2,021 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Bernilai positif, artinya jika lingkungan
kerja yang dirasakan baik dan memadai, maka akan meningkatkan kinerja guru. 3)
Stres kerja dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja
guru di MI Kabupaten Bombana saat pandemi Covid-19, dengan nilai F

20,345 > F
3,23, nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya jika dinilai secara bersamasama
dari

semua variabel dalam penelitian ini stress kerja dan lingkungan kerja
berpengaruh terhadap kinerja guru.
tabel
Kata Kunci : Stres Kerja, Lingkungan Kerja , Kinerja Guru, dan Covid 19

2,958 > t
tabel
hitung

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Stres Kerja, Lingkungan Kerja , Kinerja Guru, dan Covid 19
Uncontrolled Keywords: Stres Kerja, Lingkungan Kerja , Kinerja Guru, dan Covid 19
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:16
Last Modified: 26 Jul 2023 02:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item