ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PENGETAHUAN DASAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT

ANISAH (19010110008 ), A (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PENGETAHUAN DASAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Bagian Awal Skripsi.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Anisah 19010110008. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Pengetahuan Dasar Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. Dosen Pembimbing I Muh. Syarwa Sangila, S.Pd,M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Halistin M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (2) mendeskripsikan pengetahuan dasar matematika siswa; dan (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Pengambilan subjek menggunakan nilai tes soal pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematika sebanyak 9 subjek, yaitu 1 subjek dari PDM rendah dan KPM rendah, 1 subjek dari PDM sedang dan KPM rendah, 1 subjek dari PDM sedang dan KPM sedang, 1 subjek dari PDM tinggi dan KPM rendah, 1 subjek dari PDM tinggi dan KPM sedang, dan 1 subjek dari PDM tinggi dan KPM tinggi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan pemecahan masalah siswa masih dalam kategori sedang. Hal tersebut disebabkan karena siswa tidak menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) pengetahuan dasar matematis siswa masih dalam kategori sedang. Hal tersebut disebabkan masih banyak siswa yang tidak menguasai materi khususnya pada pengoperasian penjumlahan, perkalian, dan pembagian, dan (3) kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematis siswa masih tergolong sedang. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang cenderung melewatkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan pengetahuan pemecahan masalah yang masih tergolong kategori sedang juga mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematikanya
ABSTRACT
Anisah 19010110008. Analysis of Problem Solving Ability Based on Basic Mathematical Knowledge of Students on Integer Material. Supervisor I Muh. Syarwa Sangila, S.Pd,M.Pd. and Advisor II Halistin M.Si.
This research is a quantitative research that aims to (1) describe students' mathematical problem-solving abilities; (2) describe students' basic knowledge of mathematics; and (3) describe the ability of problem solving based on students' basic knowledge of mathematics. This type of research is a qualitative descriptive research. The subjects in the study were students of class VII MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Sampling of subjects using problem solving test scores based on basic knowledge of mathematics as many as 9 subjects, namely 1 subject from low PDM and low KPM, 1 subject from medium PDM and low KPM, 1 subject from moderate PDM and moderate KPM, 1 subject from high PDM and low KPM, 1 subject from high PDM and medium KPM, and 1 subject from high PDM and hight KPM. Data collection techniques using observation, tests, interviews, and documentation. The results of this study are (1) students' problem solving abilities are still in the medium category. This is because students do not master the indicators of mathematical problem solving abilities, (2) students' basic mathematical knowledge is still in the medium category. This is because there are still many students who do not master the material, especially in the operations of addition, multiplication, and division, and (3) the ability to solve problems based on basic mathematical knowledge of students is still relatively moderate. This is caused by students who tend to miss indicators of problem solving abilities and problem solving knowledge which are still classified as moderate categories which also affect their mathematical problem solving abilities

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (KPM), Pengetahuan Dasar Matematika(PDM ), Bilangan Bulat
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (KPM), Pengetahuan Dasar Matematika(PDM ), Bilangan Bulat
Subjects: 000 Kelas Umum > 006.3 Kecerdasan Buatan (1)
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:40
Last Modified: 12 Dec 2023 01:40
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item