ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH AR-RAHN PEGADAIAN SYARIAH UNIT BENDE SAO-SAO

RISNA YULIANTI,19050102069, R (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH AR-RAHN PEGADAIAN SYARIAH UNIT BENDE SAO-SAO. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (683kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

RISNA YULIANTI, NIM. 19050102069. “Analisis Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Ar-Rahn Pegadaian
Syariah Unit Bende Sao-Sao.” MELALUI BIMBINGAN: Dr.
Husain Insawan M.Ag dan Adzil Arsyi Sabana SE, ME
Perkembangan produk-produk syariah kian marak di Indonesia,
tidak terkecuali pegadaian. Penyaluran uang pinjaman tersebut di
lakukan dengan cara yang mudah, cepat aman dan hemat sehingga tidak
memberatkan bagi masyarakat yang melakukan pinjaman dan tidak
menimbulkan masalah yang baru bagi peminjaman setelah melakukan
peminjaman di pegadaian. Keberadaan pegadaian syariah pada awalnya
didorong oleh perkembangan dan keberhasilan lembaga-lembaga
keuangan syariah. Di samping itu juga dilandasi oleh kebutuhan
masyarakat Indonesia terhadap hadirnya sebuah pegadaian yang
menerapkan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi Preferensi Nasabah Ar-Rahn
Pengadaian Syariah Unit Bende Sao-Sao. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh nasabah
produk gadai (Ar-rahn) Pegadaian Syariah Unit Bende Sao-Sao yang
berjumlah responden 97 nasabah metode pengumpulan data dilakukan
dengan penyebaran kuesioner kepada nasabah Pegadaian Syariah Unit
Bende Sao-Sao. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor
tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena t hitung
lebih besar dari t tabel. Dengan demikian faktor harga, faktor promosi
dan faktor pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap preferensi
nasabah Ar-Rahn. Koefisien determinasi (R) diperoleh hasil sebesar
0,893 artinya hubungan variabel independen dengan variabel sangat
kuat sehingga nilai R-square diperoleh sebesar 0,893yang menunjukan
bahwa faktor harga, faktor syariah dan faktor pelayanan sebesar 89,3%
sedangkan sisanya 10,7% dapat dipengaruhi oleh faktor lain diluar
penelitian ini.
Kata Kunci : Faktor harga, Faktor promosi, Faktor pelayanan dan
Preferensi nasabah (Ar-Rahn).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Faktor harga, Faktor promosi, Faktor pelayanan dan Preferensi nasabah (Ar-Rahn)
Uncontrolled Keywords: Faktor harga, Faktor promosi, Faktor pelayanan dan Preferensi nasabah (Ar-Rahn)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:24
Last Modified: 13 Dec 2023 06:24
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item