SUHARNO OIHU 17010104028, S (2023) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS III SDN OIHU KABUPATEN WAKATOBI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (908kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (831kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (663kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (464kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (881kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
SUHARNO OIHU. NIM. 17010104028. “STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS III SDN OIHU KABUPATEN WAKATOBI”. Bimbingan oleh: Dra Marlina M. Pd.I & Karim M. Hum
Penelitian ini bertujuan untuk bisa (1) Menganalisis siswa yang kesulitan belajar membaca dalam mengikuti pembelajaran membaca di kelas III SDN Oihu. (2) Untuk mengkaji Strategi yang dilakukan guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas III SDN Oihu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari teknik pengumpulan data peneliti memperoleh informan yang terdiri dari kepala sekolah, orang tua siswa, guru, wali kelas 3 dan siswa kelas 3 SDN Oihu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas iii sdn oihu kabupaten wakatobi yaitu: (1) Strategi yang guru kelas 3 SDN Oihu lakukan yaitu mengunakan pendekatan secara individual, sehingga melalui pendekatan ini guru kelas secara langsung melalakuan bimbingan kepada siswa yang berkesulitan dalam belajar membaca. Strategi yang dilakukan guru kelas 3 SDN Oihu dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswanya belum begitu optimal, dan dalam proses belajar-mengajar untuk pelaksanaan bimbingan belajar terhadap siswa yang berkesulitan belajar membaca ini guru kelas tidak memisahkan siswa tersebut. Bimbingan yang guru kelas berikan kepada siswa berkesulitan belajar membaca juga bulum optimal. Ada 6 tahap dalam bimbingan strategi, namun hanya 3 tahap saja yang dilakukan oleh guru kelas 3 SDN Oihu. Adapun 3 tahap yang belum dilakukan oleh guru kelas 3 yakni analisis masalah, pemecahan masalah, dan evaluasi. (2) Aktivitas siswa dalam mengatasi kesulitan belajar membaca selama dikelas ketika proses pembelajaran berlangsung siswa tersebut sering main-main dan tidak memperhatikan gurunya menjelaskan. Bahkan siswa ini merasa bosan ketika belajar membaca dan tidak ada niat sama sekali untuk belajar membaca. Aktifitas diluar sekolah atau di rumah siswa tersebut jarang belajar dan lebih memilih keluar dari rumah untuk bermain
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Strategi Guru, Kesulitan Belajar Membaca |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Kesulitan Belajar Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.4 Membaca, Belajar Membaca Pendidikan Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 02:27 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:27 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2415 |
Actions (login required)
View Item |