PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA MTsN 1 WAKATOBI MENGGUNAKAN INDIKATOR PERSEPSI SISWA

WA ODE ASRAWATI,(18010107009), W (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA MTsN 1 WAKATOBI MENGGUNAKAN INDIKATOR PERSEPSI SISWA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

WA ODE ASRAWATI, NIM: 18010107009. Pengaruh Minat Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa MTsN 1 Wakatobi Menggunakan Indikator Persepsi Siswa (Dibimbing Oleh: Bapak Ismaun, S.Si., M.Si dan Bapak Zul Arham S.Si., M.Si)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar dan keterampilan mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII MTsN 1 Wakatobi menggunakan indikator persepsi siswa; (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII MTsN 1 Wakatobi menggunakan indikator persepsi siswa; dan (3) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII MTsN 1 Wakatobi menggunakan indikator persepsi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Wakatobi tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 129 sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu suatu metode penarikan sampel probabilitas yang dilakukan dengan kriteria tertentu berdasarkan kriteria ini diperoleh sampel sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTsN 1 Wakatobi. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,041<0,050). Besarnya kontribusi variabel minat belajar, dan keterampilan mengajar guru 12,3%, sedangkan sisanya sebesar 87,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTsN 1 Wakatobi. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,013<0,050) atau koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,324; (3) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTsN 1 Wakatobi. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih besar dari 0,050 (0,415<0,050), dan koefisien regresi mempunyai nilai negatif sebesar -0,094.
Kata Kunci: Minat belajar; keterampilan mengajar guru; persepsi siswa; hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Minat belajar; keterampilan mengajar guru; persepsi siswa; hasil belajar IPA
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; keterampilan mengajar guru; persepsi siswa; hasil belajar IPA
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:09
Last Modified: 18 Dec 2023 02:09
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item