PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASINYA PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KENDARI

A. NURWINA, NIM: 19010109019, A (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASINYA PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KENDARI. Diploma thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (644kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (765kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
A. NURWINA, NIM: 19010109019. Pengaruh Model Pembelajaran Predict,
Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari
Motivasinya Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Kendari (Dibimbing oleh:
Zainuddin, S.Pd., M.Pd dan La Isa, S.Si., M.Sc)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar fisika peserta
didik yang memiliki motivasi belajar (tinggi dan rendah) sesudah perlakuan pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran
(POE dan Konvensional) terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik di SMA
Negeri 2 Kendari. (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar (tinggi dan rendah)
terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik di SMA Negeri 2 Kendari. (4)
mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (POE dan
Konvensional) dan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar
fisika pada peserta didik di SMA Negeri 2 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan
melalui metode eksperimen dengan desain faktorial . Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2
sebagai kelas kontrol. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji
homogenitas, serta uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar sesudah perlakuan
menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki motivasi tinggi memperoleh
nilai yang lebih tinggi daripada peserta didik dengan motivasi rendah (2) Terdapat
pengaruh model pembelajaran POE dan konvensional terhadap hasil belajar fisika
peserta didik di SMA Negeri 2 Kendari, berdasarkan uji anava dua jalur diperoleh
nilai probabilitas Sig. = 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa 0,004 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh motivasi
belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA Negeri
2 Kendari. Berdasarkan uji anava dua jalur diperoleh nilai probabilitas Sig. =
0,000. Hal ini menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak. (4) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Berdasarkan
uji anava dua jalur diperoleh nilai probabilitas Sig. = 0,993. Hal ini
menunjukkan bahwa 0,993 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model POE
ABSTRAK
A. NURWINA, NIM: 19010109019. The Effect Of The Predict, Observe,
Explain (POE) Learning Model on Physics Learning Outcomes in View of
Their Motivation in Students at SMA Negeri 2 Kendari (Supervised by:
Zainuddin, S.Pd., M.Pd And La Isa, S.Si., M.Sc)
The study aims to (1) determine the physics learning outcomes of students
sho have learning motivation (high and low) after treatment in the experimental
class and control class (2) determine the effect of learning models (POE and
conventional) on physics learning outcomes in students at SMA Negeri 2 Kendari
(3) to determine the effect of learning motivation (high and low) on physics
learning outcomes for students at SMA Negeri 2 Kendari (4) to determine the
effect of interaction between learning models (POE and convensional) and
learning motivation (high and low) on physics learning outcomes for students at
SMA Negeri 2 Kendari. This research was educated through an experimental
method wit a factorial design. The sample in this study was class XI IPA 6
as the experimental classs and class XI IPA 2 as the control class. Analysis
requirements test includes normality test and homogenity test, as well as
hypothesis testing which is carried out using two-way Anava. The result showed
that: (1) The learning outcomes after treatment showed that student who had high
motivation obtained higher scores than students with low motivation (2) There
was an influence of the POE and conventional learning models on the physics
learning outcomes of students in SMA Negeri 2 Kendari, based on two-way anava
test, the probability value of ρ Sig. = 0.004. This shows that 0.004 < 005 so I can
be concluded that H0 is rejected (3) There is an influence of high and low learning
motivation on the physics learning outcomes of students at SMA Negeri 2
Kendari. Based on the two-way anava test, the probability value of ρ Sig. = 0.000.
This shows that 0.000 < 0.05 so it can be concluded that H0 is rejected. (4) There
is no interaction effect between learning models and motivation on students’
physics learning outcomes. Based on the two-way anava test, the probability value
of ρ Sig. = 0.993. this shows that 0.993 > 0.05 so it can be concluded that H0 is
accepted.
Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes, Model POE

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model POE
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model POE
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika > 530.072 Metode Riset Penelitian Fisika, Statistik Fisika
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:28
Last Modified: 02 Feb 2024 07:28
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item