PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD KARTIKA XX-10 KENDARI

Ainun Amaliah Nurdinn, Nim: 18010104071., A (2022) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD KARTIKA XX-10 KENDARI. Diploma thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainun Amaliah Nurdin, Nim: 18010104071. Pengaruh Bimbingan Orang Tua
terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Kartika XX-10 Kendari (Dibimbing
Oleh: Dr. Samsul Bahri, MA dan Muhammad Ilham S.Pd., M.Pd)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua
terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Kartika XX-10 Kendari. Penelitian
Kuantitatif ini menggunakan pendekatan survey dengan menggunakan metode
deskriptif analisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 50 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistiik deskriptif melalui rumus
persentase dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (Uji
normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas) dan pengujian hipotesis
menggunakan uji regeresi linear sederhana untuk menguji pengaruh variabel bebas
terhadap variabel terikat. Temuan peneltian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Kartika XX-10
Kendari sebanyak 33.9% dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan uji linier
sederhana (uji t) menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu (-4.964 < 2.010) dengan taraf
signifikansisebesar 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: pengaruh, bimbingan orang tua, motivasi belajar
Ainun Amaliah Nurdin, Nim: 18010104071. The Influence of Parental Guidance
on Children's Learning Motivation grade V at SD Kartika XX-10 Kendari.
(Supervised by: Dr. Samsul Bahri, MA and Muhammad Ilham S.Pd., M.Pd)
The purpose of this study is to determine the effect of parental guidance on
children's learning motivation grade V at SD Kartika XX-10 Kendari. This quantitative
research uses a survey approach using descriptive analysis method. The sample used in
the study amounted to 50 students. Data collection techniques are using observation,
questionnaires, interviews and documentation. Data analysis was carried out using
descriptive statistical analysis through percentage formulas and inferential statistical
analysis consisting of classical assumption tests (normality test, linearity test and
heteroscedasticity test) and hypothesis testing using simple linear regression test to test
the effect of independent variables on the dependent variable. The findings of this study
indicat that the influences of parental guidance on students’ learning motivation grade V
at SD Kartika XX-10 Kendari as many as 33.9% are in the enough categories. This is
evidenced by a simple linear regression test (t test) which is known that the value of
tcount > ttable is (-4,964 < 2.010) with a significance level of 0.000 <0.05.
Keywords: influence, Parental Guidance, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Kata Kunci: pengaruh, bimbingan orang tua, motivasi belajar Keywords: influence, Parental Guidance, Learning Motivation
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengaruh, bimbingan orang tua, motivasi belajar Keywords: influence, Parental Guidance, Learning Motivation
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.7 Metode Riset Penelitian Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:41
Last Modified: 05 Feb 2024 06:41
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item