Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 1 Torombia Kabupaten Buton Utara

Tina Amelia, NIM. 18010104105, T (2023) Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 1 Torombia Kabupaten Buton Utara. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI TINA AMELIA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom
action research. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil
belajar IPS siswa kelas V melalui metode resitasi. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas V SD Negeri Torombia dengan jumlah siswa 20 orang. Prosedur penelitian
terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi,
(5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes tertulis dan angket untuk
mengukur minat belajar siswa. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila
minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa: 1) Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS murid.
Hasil evaluasi awal nilai rata-rata murid pada pelajaran IPS sebesar 64,67.
Evaluasi pada akhir siklus I nilai murid menunjukan peningkatan menjadi 67,44
dengan 12 orang murid (60%) memperoleh nilai ≥ 65. Pada siklus II perolehan
nilai murid kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan
murid 70,44 dengan 17 murid (85%) murid memperoleh nilai ≥ 65. Pencapaian
murid pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari
pelaksanaan pembelajaran, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah
adalah jika ≥ 80% murid memperoleh nilai ≥ 65. 2) Metode resitasi dapat
meningkatkan minat belajar IPS murid, jika sebelumnya pada siklus I rata-rata
minat belajar murid sebesar 57,9, maka pada silus II meningkat menjadi 65,8. 3)
Metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas belajar murid dan aktivitas guru.
Hasil perolehan aktivitas murid pada siklus I pertemuan pertama adalah 2,33,
selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 3,27. Penilaian aktivitas guru pada
siklus I adalah 2,5 selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 3,3.

This research is Classroom Action Research (CAR). The purpose of this
study was to increase the interest and learning outcomes of social studies grade V
students through the recitation method. This research was conducted in class V
SD Negeri Torombia with a total of 20 students. The research procedure consists
of: (1) planning, (2) implementing actions, (3) observation, (4) evaluation, (5)
reflection. Sources of data are teachers and students. The research instruments
used were teacher and student observation sheets, written tests and questionnaires
to measure student interest in learning. The standard of completeness that is set is
if at least 80% of students get a score of ≥ 65. The results of this study show that:
1) The application of the recitation method can improve student social studies
learning outcomes. The results of the initial evaluation of the average value of
students in social studies lessons amounted to 64.67. Evaluation at the end of
cycle I showed an increase in student scores to 67.44 with 12 students (60%)
obtaining a score ≥ 65. In cycle II the acquisition of student scores again showed
an increase with an average student acquisition score of 70.44 with 17 students
(85 %) students score ≥ 65. Student achievement in cycle II shows an increase
which is at the same time the end of the implementation of learning, because the
standard of completeness determined by the school is if ≥ 80% of students get a
score of ≥ 65. 2) The recitation method can increase interest in learning social
studies students, if previously in cycle I the average student learning interest was
57.9, then in cycle II it increased to 65.8. 3) The recitation method can increase
student learning activities and teacher activities. The results of the acquisition of
student activity in the first cycle of the first meeting was 2.33, then in the second
cycle it increased to 3.27. Assessment of teacher activity in the first cycle was 2.5,
then in the second cycle it increased to 3.3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:18
Last Modified: 05 Feb 2024 07:18
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item