PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 11 KENDARI

ECI RISNAWAN TAWULO, NIM: 16010109001, E (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 11 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
ECI RISNAWAN TAWULO, NIM: 16010109001. Studi Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMA
Negeri 11 Kendari. (Dibimbing Oleh: Zainuddin, S.Pd., M.Pd)
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Post-test
Only Control Group Desain. dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan
variabel terikat, variabel bebas yaitu model kooperatif tipe jigsaw dan model
konvesional dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri
11 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan penilaian
rana kognitif pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan
model pembelajaran konvesional. (2) untuk mengetahui perbedaan penilaian rana
afektif pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan model
pembelajaran konvesional. (3) untuk mengathui perbedaan penilaian rana
psikomotorik pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkandengan
model pembelajaran konvesional. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat
perbedaan hasil penilaian rana kognitif pada siswa yang menggunakan kooperatif tipe
jigsaw dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional di SMA
Negeri 11 Kendari. Hal ini dubuktikan dari hasil pengolahan dengan taraf signifikan
data diperoleh –thitung < ttabel atau -1.78837 < 1.99773. (2) tidak terdapat perbedaan
hasil belajar rana afektif antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model
pembelajaran konvesional hal ini terlihat dari rata-rata nilai hasil belajar kelas
eksperimen sebesar 81 sedangkan kelas kontrol sebesar 75. (3) terdapat perbedaan
hasil belajar pada rana psikomotorik antara model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dengan model pembelajaran konvesional hal ini terlihat dari rata hasil belajar
kelas eksperimen sebesar 72 sedangkan kelas kontrol sebesar 69. Dengan demikian
hasil belajar kedua sampel sama atau homogen antara siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diajar
menggunakan model pembelajarn konvesional.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipee Jigsaw dan Model Konvesional

ABSTRAC
ECI RISNAWAN TAWULO, NIM: 16010109001. Study of the Effec of the
Jigsaw Cooperatif Learning Model on Learning Outcomes at SMA Negeri 11
Kendari. (Supervised by: Zainuddin, S.Pd., M.Pd)
This research is an experimental research with Post-test Only Control Group
Design an involves two variables, namely the independent variable and the dependent
variable, the independent variable is the jigsaw cooperative model and the
conventional model and the dependent variable is the student learning outcomes of
class XI MIPA SMA Negeri 11 Kendari. The purpose of this study was (1) to
determine the differences in cognitive shutter assessment in the jigsaw cooperative
learning model compared to the convestional learning model. (2) to determine the
defference in the assessment of the affective shutter on the jigsaw type cooperative
learning model compared to the convesional learning model. (3) to find out the
difference in psychomotor shutter assessment in the jigsaw type cooperative learning
model compared to the conventional learning model. The result showed: (1) there
were differences in the results of the cognitive shutter assessment on students who
ased the jigsaw cooperative type and students who used convestional learning models
at SMA Negeri 11 Kendari. This is evidenced from the processing result with a
significant level of data obtained –tcount < ttable or -1.7887 < 1.99773. (2) there is no
difference in the results of the actiffeve level assessment between the cooperative
learning model type jigsaw and convetional learning modes, this can be seen from the
average learning outcomes for the experimenral class of 81 while the control class
wass 75. (3) there are differences in psychomotor shutter learning outcomes between
the jigsaw cooperative learning model with the conventional learning model can be
seen from the average learning outcomes of the experimental class of 72 while the
control class is 69. Thus the learning outcomes of the two samples are the same or
homogeneous between students who are taugh using the jigsaw type cooperative
learning model and students who are taught using the jigsaw cooperative learning
model conventional learning model.
Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Cooperative Model dan Conventional Model

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipee Jigsaw dan Model Konvesional
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipee Jigsaw dan Model Konvesional
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:45
Last Modified: 26 Mar 2024 05:45
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item