MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK WEKOILA KELURAHAN UNAAHA KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE

Erlin Mariyani. Nim. 19010105020, E (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK WEKOILA KELURAHAN UNAAHA KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Erlin Mariyani. Nim. 19010105020. Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Wekoila Kel Unaaha
Kec Unaaha Kab Konawe. Dibimbing Oleh: Dr. Muh. Shaleh M.Pd dan La
Hewi, S.Pd. I. M.Pd.
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media gambar pada anak
kelompok B di TK Wekoila Kel Unaaha Kec Unaaha Kab Konawe. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian.
Tindakan siklus yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
serta refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, pada setiap
siklus dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini, menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak mengalami
peningkatan yang sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan yang
dialami dalam penelitian yang dilakukan dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada
pra tindakan menunjukkan kemampuan kognitif anak yang tuntas hanya mencapai
13%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 46%, pada siklus I
anak yang tuntas mencapai 46%. Pada siklus ke II peneliti memperbaiki proses
belajar mengajarnya supaya lebih baik dengan pengalaman pada siklus
sebelumnya. Setelah pelaksanaan siklus II perkembangan kognitif anak meningkat
yakni yang berada pada kriteria Berkembang sesuai Harapan (BSH) terdapat 6
orang anak dengan presentase 40%, dan anak yang berada pada kriteria
Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 9 orang anak dengan presentase 60%,
sehingga pada siklus II anak yang tuntas mencapai 100%. Hal ini menunjukkan
bahwa melalui media gambar, kognitif anak berhasil mengalami peningkatan
karena telah sesuai dengan indikator pencapaian yaitu sebesar 80%.
Kata Kunci : Meningkatkan Kognitif, Melalui Media Gambar

Erlin Mariyani. Nim. 19010105020. Improving Cognitive Abilities Through
Image Media in Group B Children at Wekoila Kindergarten, Unaaha
District, Unaaha District, Konawe Regency. Supervised by: Dr. Muh. Shaleh
M.Pd and La Hewi, S.Pd. I. M. Pd.
This research aims to: Improve children's cognitive abilities through image media
for group B children in Wekoila Kindergarten, Unaaha Village, Unaaha District,
Konawe Regency. The data collection techniques used are observation,
documentation and assessment. The cycle of actions used by the Kemmis and Mc
Taggart model is planning, implementation, observation and reflection. This
research was carried out in 2 cycles, each cycle was carried out in 3 meetings. The
results obtained in this research show that children's cognitive development has
improved very well. This can be seen from the increase experienced in research
conducted from pre-cycle, cycle I and cycle II. In the pre-action, it showed that
the cognitive abilities of children who completed only reached 13%, then
experienced an increase in the first cycle of 46%, in the first cycle the children
who completed it reached 46%, then in the second cycle the researchers improved
the teaching and learning process so that it was better with experience in previous
cycle. After the implementation of cycle II, children's cognitive development
increased, namely those who were in the Developing According to Expectations
(BSH) criteria, there were 6 children with a percentage of 40%, and there were 9
children who were in the Very Well Developed (BSB) criteria with a percentage
of 60%, so In cycle II, children who completed the test reached 100%. This shows
that through image media, children's cognitive abilities have improved because
they are in accordance with the achievement indicators, namely 80%.
Keywords: Improving Cognition, Through Image Media

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Meningkatkan Kognitif, Melalui Media Gambar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Meningkatkan Kognitif, Melalui Media Gambar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 07 May 2024 01:01
Last Modified: 07 May 2024 01:01
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item