PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 1 WOLASI KABUPATEN KONAWE SELATAN

Irnawati, Nim 18010104053, I (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 1 WOLASI KABUPATEN KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Irnawati, Nim 18010104053 Judul : Penerapan Model Pembelajaran TGT
(Teams Games Tournament) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V
SDN 1 Wolasi Kabupaten Konawe Selatan
Penelitian ini dapat dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatka hasil
belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games
Tournament). Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimanakah
penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dikelas V SDN
1 Wolasi dan Apakah penerapan model pembelajaran TGT (Teams games
tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajara
IPA kelas V SD Negeri 1 Wolasi?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yanh dilakukan
dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta
melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan
menggunakan analisis deksriptif untuk memberikan gambaran mengenai
peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan lembar observasi aktifitas
guru dan peserta didik serta hasil tes belajar.
Hasil belajar IPA di kelas V di SDN 1 Wolasi melalui penerapan model
pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mengalami peningkatan yang
signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai
rata-rata prasiklus mencapai 63,33 dengan ketuntasan belajar 61,11% dan setelah
tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 77,78 dengan rata-rata 70%.
Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata
sebesar 87,5. Peningkatan dari prasiklus I ke siklus II sebesar 45,34%.
Kata Kunci : TGT (Teams Games Tournament). Hasil Belajar IPA

ABSTRACT
Irnawati, Nim 18010104053 Title: Application of the TGT (Teams Games
Tournament) Learning Model in Improving Class V Science Learning Outcomes
at SDN 1 Wolasi, South Konawe Regency
This research can be carried out with the aim of improving science
learning outcomes using the TGT (Teams Games Tournament) learning model.
The problem in this research is limited to how to apply the TGT (Teams Games
Tournament) learning model in class V of SDN 1 Wolasi and whether the
application of the TGT (Teams games tournament) learning model can improve
student learning outcomes in science subjects in class V of SD Negeri 1 Wolasi?
This type of research is classroom action research (PTK), which is carried
out in four stages, namely: planning, implementation, observation and evaluation
and reflection, where the data analysis technique in this research uses descriptive
analysis to provide an overview of the improvement in student learning outcomes.
taught using the TGT (Teams Games Tournament) learning model with
observation sheets of teacher and student activities as well as learning test results.
Science learning outcomes in class V at SDN 1 Wolasi through the
application of the TGT (Teams Games Tournament) learning model have
increased significantly. This can be seen from the pre-cycle to cycle II scores,
namely the average pre-cycle score reached 63.33 with a learning completeness of
61.11% and after the first cycle the learning completeness reached 77.78 with an
average of 70%. Learning completeness after cycle II reached 83.33% with an
average score of 87.5. The increase from pre-cycle I to cycle II was 45.34%.
Keywords: TGT (Teams Games Tournament). Science Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : TGT (Teams Games Tournament). Hasil Belajar IPA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TGT (Teams Games Tournament). Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 May 2024 02:45
Last Modified: 22 May 2024 02:45
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item