PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KENDARI

Irnawati La Nuru, NIM. 19010109013,, I (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (588kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (407kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Irnawati La Nuru, NIM. 19010109013, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri
2 Kendari. (Dibimbing oleh: Halmuniati, S.Pd., M.Pd, dan La Isa, S.Si., M.Si)
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation; 2)
mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
konvensional; 3) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan
model pembelajaran Group Investigation dan siswa yang menerapkan model
pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek
penelitian adalah kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen sebanyak 41 orang
siswa dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 39 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa. Uji hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji Independent Sampale t Test dengan uji prasyarat yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation kelas X SMA Negeri 2 Kendari memiliki nilai rata-rata sebesar
79,41 dengan kategori tinggi. Hasil belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran konvensional kelas X SMA Negeri 2 Kendari memiliki nilai rata�rata sebesar 75,10 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan
pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05 atau nilai thitung
= 2,118 > ttabel = 2,000 pada taraf =0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
dibandingan dengan penerapan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model
Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

ABSTRACT
Irnawati La Nuru, NIM. 19010109013, The Influence of the Cooperative Group
Investigation (GI) Model on Student Learning Outcomes in Class X SMA Negeri
2 Kendari. (Supervised by: Halmuniati, S.Pd., M.Pd, and La Isa, S.Si., M.Si)
The purpose of this study was to: 1) Determine student learning outcomes
through the application of group investigation cooperative learniang models.; 2)
Determine student learning outcomes through the application of conventional
learning models; 3) Analyze the differences in student learning outcomes that
apply the group investigation learning model and students that apply conventional
learning model and students that apply conventional learning models in class X
SMA Negeri 2 Kendari. This research uses a quantitative approach with the type:
experimental research. The research subjects were class X IPA 6 as an
eksperimen class of 41 students and class X IPA 3 as a control class of 39 people.
The research instrument used was a test of student learning outcomes hypothesis
test with prerequisite test, namely the normality test and homogeneity test. The
results showed the student learning outcomes through application of the group
investagiton type cooperative learning model for class X SMA Negeri 2 Kendari
had an average value of 79.41 with high category. Student learning outcomes
through the application of conventional learning models of class X SMA Negeri 2
Kendari have an average value of 75.10 in the moderate categori. There are
differences in student learning outcomes trough the applicstion of group
investigation cooperative learning modelsand conventional learning with a
significance value of 0.037 < 0.05 thung vlue thitung = 2.118 > ttabel = 2,000 at level
=0.05. The Group Investigation cooperative learning model is more effective in
improving student learning outcomes compared to the application of conventional
learning models.
Kata Kunci: group Investigation cooperative learning model, conventional
learning model, learning outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.33 Teknologi Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 28 May 2024 01:33
Last Modified: 28 May 2024 01:33
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item View Item