PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LEAFLET PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 4 KENDARI

Silvia Novitasari. NIM 19010110017, S (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LEAFLET PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (944kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (874kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (527kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Silvia Novitasari. NIM 19010110017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Leaflet Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 4 Kendari.
Dibimbing oleh Muhammad Syarwa Sangila S.Pd, M.Pd dan Dedyerianto S.Si,
M.Si
Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis leaflet pada materi bangun
ruang sisi datar di SMP Negeri 4 Kendari ini di latar belakangi oleh terbatasnya
penggunaan bahan ajar berbasis leaflet pada proses pembelajaran matematika di
SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar
berbasis leaflet pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis dan efektif
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Metode penelitian ini
menggunakan metode R and D (Research and Development). R and D adalah
metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dalam
penelitian ini berbentuk bahan ajar berbasis leaflet. Model pengembangan bahan
ajar berbasis leaflet ini mengikuti model pengembangan ADDIE merupakan
singkatan dari Analysis (analisis), Design (perancangan), Development
(pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.H SMP Negeri 4 Kendari
sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar berbasis leaflet pada materi
bangun ruang sisi datar sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran
berdasarkan hasil validitas oleh ahli materi sebesar 99% (sangat valid) dan hasil
validitas ahli media sebesar 100% (sangat valid); (2) bahan ajar berbasis leaflet
pada materi bangun ruang sisi datar sangat praktis digunakan dalam proses
pembelajaran di SMP Negeri 4 Kendari berdasarkan penilaian respon siswa; (3)
bahan ajar berbasis leaflet pada materi bangun ruang sisi datar efektif digunakan
dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa. Dimana nilai
rata-rata pretest sebesar 20 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 67.
Persentase dari pretest berada dalam katagori “rendah” dengan persentase 1.00%.
Sedangkan pada postest persentasenya sebesar 46,66% yang juga termasuk dalam
kategori “sedang”. Kemudian dengan menggunakan uji Wilcoxon yang di
dapatkan signifikan sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
pretest dan posttest pada hasil belajar matematika siswa. Maka dapat disimpulkan
bahwa pengembangan bahan ajar berbasis leaflet pada materi bangun ruang sisi
datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 4
Kendari.
Kata kunci: Bahan Ajar Berbasis Leaflet; Hasil Belajar

ABSTRACT
Silvia Novitasari. NIM 19010110017. Development of Leaflet-Based Teaching
Materials on Flat Side Building Materials at SMP Negeri 4 Kendari. Supervised
by Muhammad Syarwa Sangila S.Pd, M.Pd and Dedyerianto S.Si, M.Si
This research on the development of leaflet-based teaching materials on flat�sided geometric materials at Kendari 4 Public Middle School was motivated by
the limited use of leaflet-based teaching materials in the mathematics learning
process at Kendari 4 Public Middle School. This study aims to develop leaflet�based teaching materials on valid, practical and effective flat sided geometric
material so as to improve student learning outcomes in class VII. This research
method uses the R and D (Research and Development) method. R and D is a
research method used to produce certain products, in this research in the form of
leaflet-based teaching materials. The leaflet-based teaching material development
model follows the ADDIE development model which stands for Analysis, Design,
Development, Implementation and Evaluation. The subjects in this research were
24 students in class VII.H of SMP Negeri 4 Kendari. The instruments used are
tests and questionnaires. The results of this study indicate that: (1) leaflet-based
teaching materials on flat-sided geometrical material are very valid to use in the
learning process based on the results of the validity by the material expert of 99%
(very valid) and the results of the validity of the media expert is 100% (very valid)
; (2) leaflet-based teaching materials on flat-sided geometrical materials are very
practical to use in the learning process at SMP Negeri 4 Kendari based on student
response assessments; (3) leaflet-based teaching materials on flat-sided geometric
material are effectively used in the learning process based on the results of student
learning outcomes tests. Where the pretest average value is 20 while the posttest
average value is 67. The percentage of the pretest is in the "low" category with a
percentage of 1.00%. Meanwhile, in the posttest the percentage was 46.66%
which was also included in the "medium" category. Then by using the Wilcoxon
test which is obtained a significant value of 0.000 which indicates that there are
differences in pretest and posttest in students' mathematics learning outcomes. So
it can be concluded that the development of leaflet-based teaching materials on
flat-sided geometrical material can improve mathematics learning outcomes for
class VII SMP Negeri 4 Kendari.
Keywords: Leaflet-Based Teaching Materials; Learning outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Bahan Ajar Berbasis Leaflet; Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bahan Ajar Berbasis Leaflet; Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 29 May 2024 02:42
Last Modified: 29 May 2024 02:42
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item