UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD LABIBIA KOTA KENDARI

Anggi Sulastri, NIM: 19010101059,, A (2023) UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD LABIBIA KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (592kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama: Anggi Sulastri, NIM: 19010101059, Judul Skripsi: “Upaya
Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Darud
Da’wah Wal Irsyad Labibia Kota Kendari”Pembimbing Pertama: Dr.Syahrul,
M.Pd., Pembimbing Kedua: Drs. Marzuki MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan mutu
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad Labibia
kota kendari. Penelitian ini adalah peneltian dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan
dokumentasi. Dan subjek penelitian ini terdiri dari Kepala sekolah, guru dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan
agama Islam di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad Labibia kota kendari
berdasarkan dari upaya-upaya yang telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam
sudah cukup maksimal. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan dari upaya-upaya
yang telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu
pembelajaran, yang dapat dilihat dari tiga bagian yaitu bahan ajar, proses
pembelajaran dan hasil belajar.Madrasah Aliyah Da’rud Da’wah Wal Irsyad
Labibia menggunakan dua jenis bahan ajar yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa) dan
Buku Paket dalam proses pembelajaran. penggunaan bahan ajar yang digunakan
oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam perlu ditambah lagi. Sebagai
contoh bahan ajar yaitu LKS dan buku cetak/paket memiliki jumlah yang terbilang
sangat kurang sehingga siswa-siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad
Labibia kota kendari menggunakan buku paket dengan membagi 4-5 orang untuk
buku dengan begitu mutu pendidikan di madrasah tersebut masih kurang optimal,
kemudian untuk kegiatan proses pembelajaran guru menggunakan RPP (Rencana
Pelaksaan Pembelajaran) sebagai acuan sebelum melaksanakan proses
pembelajaran, di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang digunakan
guru Pendidikan Agama Islam di kelas terdapat beberapa langkah-langkah dalam
pelaksaan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan
penutup. dan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru
Pendidikan Agama Islam yaitu metode ceramah dan diskusi. kemudian yang
terakhir hasil pembelajaran di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad Labibia
kota kendari ada tiga jenis penilaian yang dilakukan guru untuk menghasilkan hasil
belajar yang maksimal yaitu 1). Penilaian pengetahuan 2). Penilaian sikap, untuk
hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap social 3). Penilaian secara
keseluruhan.
Kata kunci : Upaya, Peningkatan dan Mutu Pembelajaran

ABSTRACT
Name: Anggi Sulastri, NIM: 19010101059, Thesis Title: "Efforts to Improve the
Quality of Islamic Religious Education at Madrasah Aliyah Darud Da'wah Wal
Irsyad Labibia Kendari City" First Supervisor: Dr. Syahrul, M.Pd., Second
Supervisor: Drs. Marzuki MA.
ywords: LearThis research aims to describe efforts to improve the quality of
Islamic religious education at Madrasah Aliyah Darud Da'wah Wal Irsyad
Labibia, Kendari city. This research is research with a descriptive qualitative
approach using interview, observation and documentation data collection
techniques. And the subjects of this research consisted of school principals,
teachers and students. The results of this research indicate that there are efforts to
improve the quality of Islamic religious education at Madrasah Aliyah Darud
Da'wah Wal Irsyad Labibia, Kendari city. Not optimal enough. This can be seen
from the use of teaching materials used by teachers, especially Islamic Religious
Education teachers, which need to be added. For example, teaching materials,
namely worksheets and printed books/packages, are in very limited quantities, so
students at Madrasah Aliyah Darud Da'wah Wal Irsyad Labibia, Kendari City, use
textbooks by dividing 4-5 people into books, so the quality of education at the
madrasah This is still not optimal, then in the learning process at Madrasah Aliyah
Darud Da'wah Wal Irsyad Labibia, Kendari city, it is quite good by following the
RPP learning process, namely there is an introduction which contains prayers and
explanations of the subject matter that will be discussed, then there is a learning
process which contains discussions, questions and answers and exploration for
students as the teacher's efforts to see whether students are able to understand the
material that has been presented by the teacher in this subject, then finally the
learning outcomes at Madrasah Aliyah Darud Da'wah Wal Irsyad Labibia,
Kendari city by answering multiple choice questions or essays, then with repeated
implementation the teacher looks at the student's learning results whether during
one semester the student has mastered/is able to understand the lessons given, and
finally with the overall score on the report card so that the parents/guardians of the
students and the students themselves able to see whether he has been optimal in the
learning process or not by looking at his attitude, skills and knowledge scores
during one semester.
Kening Quality

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci : Upaya, Peningkatan dan Mutu Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Upaya, Peningkatan dan Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.102 Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:13
Last Modified: 03 Jun 2024 07:13
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item