STRATEGI GURU BAHASA INDONESIA DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF KELAS V DI MADRASAH IBTIDAYAH ANUEGRAH LAMOEN

Umi Yuspitasari, NIM: 18010104065, U (2023) STRATEGI GURU BAHASA INDONESIA DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF KELAS V DI MADRASAH IBTIDAYAH ANUEGRAH LAMOEN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Umi Yuspitasari, NIM: 18010104065. Strategi Guru Bahasa Indonesia Dalam
memberikan Pemahaman Siswa Pada Materi Teks Naratif Kelas V Di
Madrasah Ibtidayah Anuegrah Lamoen (pembimbing 1 : Dr. Abbas, S.Ag., MA,
pembimbing 2 : Karim, M.Hum.)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru Bahasa Indonesia dalam
memberikan pemahaman siswa pada materi teks naratif kelas V dan kesulitan guru di
Madrasah Ibtidayah Anugerah Lamoen. Jenis penelitian ini adalah deskripsi
kualitatif. Data penelitian berupa data visual dan data visual tekstual. Hasil penelitian
menunjukkan, Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia Dalam Memberikan
Pemahaman Siswa adalah dengan menggunakan strategi deduktif dan strategi
induktif. dengan strategi pembelajaran deduktif-induktif, pembelajaran dimulai
dengan prinsip yang diketahui ke prinsip yang tidak diketahui. Strategi ekspositori
langsung, guru menstrukturkan pembelajaran dengan maju secara urut, guru dengan
cermat mengontrol materi dan keterampilan yang dipelajari. strategi belajar tuntas
didasarkan pada keyakinan bahwa semua pelajar dapat menuntaskan materi yang
diajarkan jika kondisi pelajaran disiapkan untuk itu. Kesulitan guru masih banyak
siswa yang kurang konsentrasi, sering bermain dengan teman pada saat belajar,
fasilitas yang tersedia kurang lengkap, kurangnya komunikasi antara guru dan siswa
menjadi kendala. Belum lagi kurangnya wadah atau sarana prasarana sehingga untuk
memberikan ruang bagi siswa untuk berkembang menjadi sangat kurang.

Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Guru, Teks Naratif.

ABSTRACT
Umi Yuspitasari, NIM: 18010104065. Indonesian Teacher’s Strategy In
Providing Students’ Understanding Of Narrative Text Material For Class V At
Madrasah Ibtidayah Anuegrah Lamoen (Supervisor 1 : Dr. Abbas, S.Ag., MA, 2
: Supervisor Karim, M.Hum.)

This study aims to examine the Indonesian language teacher’s strategy in
providing students with an understanding of narrative text material for grade V
at madrasah ibtidayyah anugerah lamoen. This type of research data in the
form of vusual data textual data. The results of the study show that the
Indonesian language teacher’s learning strategy in providing students’
understanding is to use deductive strategies and inductive strategies. With the
deductive-inductive learning strategy, learning starts from a known principle to
an unknown principle. Direct expository strategy, the teacher structures
learning by advancing sequentially, te teachers carefully controls the material
and skills being learning. Complete learning strategies are based on the belief
that all students can complete the material being thaught if the learning
conditions are prepared for it. Teacher difficulties there re still many students
who lack concentration, often play with friends while studying, the facilities
available are incomplete, the lack og communication between teachers and
students is an obstacle. Not to mention the lack of containers or infrastructure so
as to provide space for students to develop is very less.

Keywords: Teacher Strategy, Teacher Difficulty, Narrative Text.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi Guru, Kesulitan Guru, Teks Naratif.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Guru, Teks Naratif.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:19
Last Modified: 11 Sep 2023 02:19
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item