“PERAN BIMBINGAN PADA DIRI ORANG TUA DALAM PENERIMAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 1 KENDARI”

Lulu Utya Rusda. 19030102033., L (2023) “PERAN BIMBINGAN PADA DIRI ORANG TUA DALAM PENERIMAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 1 KENDARI”. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - Cover - Daftar LAmpiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. SKRIPSI Lulu Utya Rusda_BPI_IAIN KENDARI - DAFTAR PUSTAKA - DOKUMENTASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Lulu Utya Rusda. 19030102033. Peran bimbingan pada diri orang tua dalam
penerimaan anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Kendari. (Dibimbing
oleh: Dr. Nurdin S.Ag., M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan pada diri orang
tua dalam penerimaan pada anak berkebutuhan khusus, peranan dan tanggung jawab
orang tua, dan apa yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua yang memiliki
anak berkebutuhan khusus, serta tahap orang tua dalam menerima anak sepenuh hati.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis
penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi yang diperoleh langsung dari sumber yang terkait. Teknik analisis
data dilakukan dengan tahapan redaksi data, displai data dan verifikasi data
pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: proses tahapan awal
yang dilalui orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus ialah penolakan,
kemarahan, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan diri walaupun ada salah satu
orang tua menerima anak mereka tanpa adanya penolakan. Proses penerimaan orang
tua anak berkebutuhan khusus, yang mana peranan dan tanggung jawab yang
dilakukan orang tua yang memiliki anak kebutuhan khusus ialah sama seperti anak
lainnya memberi dukungan, fasilitas, memberikan makanan yang bergizi, mengasuh,
serta menjaganya. Peran pembimbing dalam bimbingan agar orang tua lebih
mengenal anak mereka dengan memberikan informasi terkait anak selama di sekolah
kepada orang tua dan memberikan materi-materi yang bisa di pelajari orang tua
dalam merawat anak mereka. Serta tahap dimana orang tua mulai menerima anak
mereka dengan baik.

Kata Kunci: Peran Bimbingan, Penerimaan, Anak Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Peran Bimbingan, Penerimaan, Anak Berkebutuhan Khusus.
Uncontrolled Keywords: Peran Bimbingan, Penerimaan, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:41
Last Modified: 18 Sep 2023 01:41
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item