PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BRILINK KOTA KENDARI

Nama : Adhar Mawansa, NIM : 18020102016,, A (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BRILINK KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (761kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (764kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (830kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (752kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (757kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (980kB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Adhar Mawansa, NIM : 18020102016, Judul Skripsi :
“Perlindungan Hukum Terhadap Kerugian Nasabah Saat Melakukan
Transaksi Di BRILink Kota Kendari”. Dibimbing oleh Dr. Kamaruddin
S.Ag, SH., MH dan Ahmad Ridha M. Hum.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum dengan pendekatan
yuridis empiris yang bermaksud untuk mempelajari tentang perlindungan
hukum terhadap kerugian konsumen pada saat menyelesaikan transaksi di
BRILink Kota Kendari, serta keadaan yang menyebabkan kerugian nasabah.
Penelitian ini menggunakan metode hukum empiris dengan mengkaji
undang-undang yang mengatur masyarakat, dengan observasi, wawancara,
dan dokumentasi yang berfungsi sebagai alat pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan yang
pertama hak-hak nasabah terlindungi oleh perlindungan hukum yang
diberikan oleh Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan
Konsumen dengan adanya perlindungan hukum maka nasabah dapat
menuntut dan meminta ganti rugi oleh pihak bank dalam hal ini BRILink
dengan beberapa regulasi penyelesaian, yang pertama adalah dengan
menyelesaikannya di outlet BRILink dengan cepat atau dengan
menyelesaikannya di bank dengan waktu yang cukup lama. Sementara yang
kedua mengenai faktor yang menyebabkan kerugian nasabah saat
melakukan transaksi, yaitu faktor eksternal seperti gangguan jaringan,
server yang error, dan mesin EDC yang bermasalah serta faktor internal
seperti kekhilafan (kekeliruan, kesalahan, kelalaian dan kecerobohan),
keteledoran agen yang berakibat pada kerugian konsumen dan
miskomunikasi antara konsumen dan agen BRILink yang menyebabkan
kerugian terhadap konsumen.
Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hukum Perlindungan Konsumen,
BRILink, Kerugian, Konsumen
ABSTRACT
Name : Adhar Mawansa, NIM : 18020102016, Thesis Title : “Legal
Protection Against Customer Losses When Making Transactions at
BRILlink Kendari City”. Supervised by Dr. Kamaruddin S. Ag, SH., MH
and Ahmad Ridha M. Hum.
This research is a type of legal research empirical juridical
research aproach which intends to study legal protection against consumer
losses when completing transactions at BRILink Kendari City, as well as the
circumstances that cause customer losses. This study uses an empirical legal
method by examining the laws that regulate society, with observations,
interviews, and documentation that function as data collection tools.
Based on the results of this study, the researcher concludes that
firstly, customer rights are protected by legal protection provided by Law
No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection. With legal protection,
customers can sue and ask for compensation from the bank, in this case
BRILink with several settlement regulations, the first is by completing it at
the BRILink outlet quickly or by completing it at the bank in a long time.
While the second concerns the factors that cause customer losses when
making transactions, namely external factors such as network disturbances,
server errors, and problematic EDC machines as well as internal factors
such as mistakes (errors, errors, negligence and carelessness), agent fatigue
which has an impact on consumer losses and miscommunication between
consumers and BRILink agents that cause harm to consumers.
Keywords: Legal Protection, Consumer Protection Law, BRILink,
Loss, Consumer

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hukum Perlindungan Konsumen, BRILink, Kerugian, Konsumen
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hukum Perlindungan Konsumen, BRILink, Kerugian, Konsumen
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 346 Hukum Privat, Hukum Perdata > 346.07 Hukum Dagang
Hukum > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Muamalah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:28
Last Modified: 08 Jul 2024 01:28
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item