MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN EGRANG BATOK KELAPA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINTANG TIMUR DURIAASI KABUPATEN KONAWE

Siti Yuliani. Nim. 18010105018, S (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN EGRANG BATOK KELAPA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINTANG TIMUR DURIAASI KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti yuliani. Nim. 18010105018. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar
Melalui Permainan Egrang Batok Kelapa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK
Bintang Timur Desa Duriaasi Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe
Dibimbing Oleh: Dr. Muh. Shaleh M.Pd dan La Ode Anhusadar, S.Pd. I.,
M.Pd
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan
bermain egrang batok kelapa dalam keterampilan motorik kasar melalui
permainan egrang batok kelapa pada anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Timur
desa duriaasi kecamatan Wonggeduku kabupaten Konawe. Teknik pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan
penilaian. Sedangkan untuk model yang dipilih dalam melakukan tindakan yakni
siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Pelaksaan penelitian ini
dilakukan dengan dua siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dengan tiga kali
pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa
kegiatan bermain egrang batok kelapa dapat meningkatkan keterampilan motorik
kasar pada anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Desa Duriaasi Kecamatan
Wonggeduku Kabupaten Konawe. Sebagaimana hasil dari observasi yang
menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak yang mengalami
peningkatan yang sangat baik. Hasil pada pra tindakan menunjukkan kemampuan
keterampilan anak yang tuntas hanya mencapai 20%, kemudian pada siklus I
anak yang tuntas mencapai 60%, dan pada siklus II anak yang tuntas mencapai
86%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain egrang, keterampilan
anak berhasil mengalami peningkatan karena telah sesuai dengan indikator
pencapaian yaitu sebesar 80%.
Kata Kunci: Meningkatkan, keterampilan, egrang batok kelapa
ABSTRACT
Siti Yuliani. Nim. 18010105018. Improving Gross Motor Skills Through
Coconut Shell Stilt Games in Children Aged 5-6 Years at the Bintang Timur
Kindergarten, Duriaasi Village, Wongeduku District, Konawe Regency
Supervised by: Dr. Muh. Shaleh M.Pd and La Ode Anhusadar, S.Pd. I.,
M.Pd
This Classroom Action Research (PTK) aims to determine the activities
of playing with coconut shell stilts in gross motor skills through playing with
coconut shell stilts in children aged 5-6 years at the Bintang Timur Kindergarten,
Duraasi village, Wongeduku sub-district, Konawe district. The data collection
techniques used in this research are observation, documentation and assessment.
Meanwhile, the model chosen for taking action is the Kemmis and Mc Taggart
cycle model which has four stages, namely planning, implementation, observation
and reflection. This research was carried out in two cycles, in each cycle carried
out in three meetings. The results obtained in this study show that the activity of
playing on coconut shell stilts can improve gross motor skills in children aged 5-6
years at the Bintang Duriaasi Village Kindergarten, Wongduku District, District.
Konawe. As the results of observations show that children's gross motor
development has improved very well. The results of the pre-action showed that
the children's skills that were completed only reached 20%, then in cycle I the
children who completed it reached 60%, and in cycle II the children who
completed it reached 86%. This shows that through the activity of playing on
stilts, children's skills have successfully improved because they are in accordance
with the achievement indicators, namely 80%.
Keywords: Improving, skills, coconut shell stilts

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Meningkatkan, keterampilan, egrang batok kelapa
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Meningkatkan, keterampilan, egrang batok kelapa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:41
Last Modified: 21 Aug 2024 06:41
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item