UPAYA GURU KELAS V DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 3 OLLO KABUPATEN WAKATOBI

Febrianti, Nim 18010104098, F (2022) UPAYA GURU KELAS V DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 3 OLLO KABUPATEN WAKATOBI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
FEBRIANTI_COVER_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FEBRIANTI_BAB I_2.pdf

Download (751kB)
[img] Text
FEBRIANTI_BAB II_3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FEBRIANTI_BAB III_4.pdf

Download (758kB)
[img] Text
FEBRIANTI_BAB IV_5.pdf

Download (792kB)
[img] Text
FEBRIANTI_BAB V_6.pdf

Download (617kB)
[img] Text
FEBRIANTI_DAPUS & LAMPIRAN_7.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Febrianti, Nim 18010104098, Upaya Guru Kelas V Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD Negeri 3 Ollo
Kabupaten Wakatobi (Pembimbing 1: Bapak Dr. H. Moh Yahya Obaid,
M. Ag Pembimbing 2: Ibu Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Minat belajar siswa dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) Upaya guru dalam meningkatkan minat
belajar siswa (3) Faktor penghambat guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan
minat belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Ollo Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Jenis
data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data pimer dan data sekunder.
Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi
yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitan: (1) Minat belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat diketahui dengan hasil
pengamatan,wawancara dan dokumentasi yaitu menggunakan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar, cinta terhadap Bahasa Indonesia, gemar membaca buku, dan
inisiatif siswa dalam belajar Bahasa Indonesia (2) Upaya guru dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas V yaitu menggunakan metode
Pengulangan (drill) seperti asosiasi, cara menyajikan bahan pelajaran Bahasa
Indonesia dengan cara melatih siswa secara berulang-ulang dan bersungguh�sungguh, meningkatkan budaya membaca, memberikan peraturan kepada siswa
dan membiasakan siswa menggunakan Bahasa Indonesia di dalam mata pelajaran
Bahasa Indonesia (3) Faktor penghambat minat belajar siswa yaitu faktor internal
diantaranya kepribadian, perasaan dan pengalaman siswa, dan faktor eksternal, di
antaranya mencakup lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan
masyarakat.
Kata kunci : Minat belajar, Upaya guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci : Minat belajar, Upaya guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Minat belajar, Upaya guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 400 Bahasa
Pendidikan
BAHASA DAN SASTRA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:10
Last Modified: 22 Aug 2024 06:10
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2907

Actions (login required)

View Item View Item