PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KENDARI

FERAWATI HALULANGA, 18010108020., F (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (253kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTARK
FERAWATI HALULANGA, 18010108020. Pengaruh Model Project Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMAN
11 Kendari.
Dibimbing oleh : Dr. Masdin M.Pd dan Syarif Rizaia M.Pd
Tujuan dalam penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana hasil belajar biologi
siswa di kelas X SMA Negeri 11 Kendari; (2) Apakah ada pengaruh model
project based learning terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X
SMA Negeri 11 Kendari. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi
eksperimen. Teknik pengambilan data dengan menggunakan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis data yaitu analisis deskriptif: Prasarat analisis
(Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) dan Uji Hipotesis (uji perbedaan dua rata�rata, uji t-berpasangan dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa;(1) hasil penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat pengaruh model
Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa Pada materi ekosistem. Hal
ini ditunjukkan oleh hasil uji t yakni pada taraf signifikasi memperoleh nilai
sebesar 0,000 < 0,05 yakni terdapat perbedaan yang signifikansi antara pretest dan
postest kelas eksperimen, dan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 83,39
dan kelompok kontrol sebesar 77,78; (2) Hasil uji hipotesis penelitian, diperoleh
bahwa pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap penguasaan
materi ekosistem. Adanya perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan materi
ekosistem antara siswa yang difasilitasi PBL dengan konvensional. Siswa yang
difasilitasi PBL menampilkan penguasaan materi ekosistem yang lebih baik
dibanding siswa yang difasilitasi pembelajaran konvensional. Penguasaan materi
ekosistem dapat diartikan sebagai kemampuan siswa untuk menangkap makna
atau konsep (materi yang dipelajari). Penguasaan konsep materi ekosistem tidak
hanya sekedar mengingat tetapi individu mampu menerapkan konsep-konsep
tersebut selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model
project based learning ke dalam suatu rangkaian permasalahan.
Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Biologi Materi Ekosistem
ABSTARK
FERAWATI HALULANGA, 18010108020. The Influence of Project Based
Learning Models on Learning Outcomes of Ecosystem Material Biology
Class X SMAN 11 Kendari.
Guided by : Dr. Masdin M.Pd dan Syarif Rizaia M.Pd
The objectives in this study are; (1) What are the results of learning
biology students in class X SMA Negeri 11 Kendari; (2) Is there any influence of
the project-based learning model on learning outcomes on the ecosystem material
in class X SMA Negeri 11 Kendari. This study used quasi-experimental research.
Data retrieval techniques using documentation. Data analysis uses data analysis,
namely descriptive analysis: Analysis requirements (Normality Test and
Homogeneity Test) and Hypothesis Test (two-average difference test, t-paired test
and effective level test). The results of this study show that;(1) the results of the t
test, namely at the signification level, it obtained a value of 0.000 < 0.05 namely that
there was a significant difference between the pretest and postest of the experimental
class, and the average score of the experimental group was 83.39 and the control group
was 77.78.; (2) The results of the research hypothesis test, it was obtained that
project-based learning affects the mastery of ecosystem materials. There are
significant differences in the mastery of ecosystem materials between PBL�facilitated students and conventional. PBL-facilitated students display better
mastery of ecosystem materials than students facilitated by conventional learning.
Mastery of ecosystem material can be interpreted as the ability of students to
capture meanings or concepts (the material being studied). Mastery of the concept
of ecosystem materials is not just remembering but individuals are able to apply
these concepts during the learning process using a project-based learning model
into a series of problems.
Keywords : PBL, Learning Outcomes, Ecosystem Material Biology

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Biologi Materi Ekosistem
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Biologi Materi Ekosistem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:58
Last Modified: 23 Aug 2024 05:58
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item