PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS ALAM SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 4 KENDARI

Satriyadi Bilyan Salangga, NIM: 19010107026, S (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS ALAM SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Satriyadi Bilyan Salangga, NIM: 19010107026. Pengaruh Pembelajaran
Praktikum Berbasis Alam Sekitar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA
di SMP Negeri 4 Kendari (Dibimbing oleh Bapak Dr. Zul Arham, S.Si., M.Si
& Bapak Ismaun, S.Si., M.Si)
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran IPA siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Kendari. Permasalahan tersebut meliputi rendahnya motivasi dan
hasil belajar siswa. Salah satu penyebab permasalahan tersebut yang dilaporkan
yaitu belum tepatnya metode yang diterapkan dalam pembelajaran, oleh karena itu
peneliti tertarik mendesain sebuah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh
Pembelajaran Praktikum Berbasis Alam Sekitar terhadap Motivasi siswa kelas
VIII SMP Negeri 4 Kendari, (2) Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis
Alam Sekitar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari.
Populasi penelitian ini berjumlah 398 orang. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini terdiri dari dua kelas yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan, wawancara, kuesioner (angket),
dokumentasi dan instrumen tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian pada taraf signifikan
5% menunjukan bahwa: (1) Hasil uji-t posttest motivasi belajar t diperoleh nilai
thitung 4,959 dan ttabel 1,667. Nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, (2)
Hasil uji-t posttest hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung 5,626 dan ttabel 1,667.
Nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan pada
penelitian ini bahwa pembelajaran praktikum berbasis alam sekitar berpengaruh
terhadap motivasi dan hasil belajar IPA di SMP Negeri 4 kendari.
Kata Kunci: SMP Negeri 4 Kendari, Metode Praktikum Berbasis Alam Sekitar,
Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

ABSTRAK
Satriyadi Bilyan Salangga, NIM: 19010107026. The Effect of Environment
Based Practicum Learning on Motivation and Learning Outcomes in Science
at SMP Negeri 4 Kendari (Supervised by Mr. Dr. Zul Arham, S.Sc., M.Si &
Mr. Ismaun
This research is based on the science learning problems of class VIII students of
SMP Negeri 4 Kendari. These problems include low motivation and student
learning outcomes. One of the causes of the reported problems is the inaccuracy
of the methods applied in learning, therefore the researcher is interested in
designing a quantitative study using a quasi-experimental method which aims to
find out: (1) The Effect of Environment-Based Practicum Learning on the
Motivation of Grade VIII SMP students Negeri 4 Kendari, (2) The Effect of
Practicum Learning Based on the Surrounding Nature on Science learning
outcomes for Grade VIII students of SMP Negeri 4 Kendari. The population of
this study amounted to 398 people. The sample used in this study consisted of two
classes totaling 70 people. Data collection techniques in this study used
interviews, questionnaires (questionnaire), documentation and test instruments.
Data analysis techniques in this study used descriptive and inferential statistical
analysis. The results of the study at a significant level of 5% show that: (1) The
results of the posttest t-test of learning motivation t obtained a tcount of 4.959 and
a ttable of 1.667. The value of tcount > ttable, then H0 is rejected and H1 is
accepted, (2) The results of the posttest t-test of student learning outcomes
obtained a tcount of 5.626 and a ttable of 1.667. The value of tcount > ttable then
H0 is rejected and H1 is accepted. So, it can be concluded in this study that
nature-based practicum learning has an effect on motivation and science learning
outcomes at SMP Negeri 4 Kendari.
Keywords: SMP Negeri 4 Kendari, Practicum Methods Based on the
Environment, Learning Motivation, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: SMP Negeri 4 Kendari, Metode Praktikum Berbasis Alam Sekitar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: SMP Negeri 4 Kendari, Metode Praktikum Berbasis Alam Sekitar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:06
Last Modified: 26 Aug 2024 04:26
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item