Rusni NIM. 19010110026., R (2023) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2.BAB I.pdf Download (609kB) |
|
Text
3.BAB II.pdf Download (637kB) |
|
Text
4.BAB III.pdf Download (785kB) |
|
Text
5.BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
6.BAB V.pdf Download (516kB) |
|
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (607kB) |
|
Text
8.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rusni NIM. 19010110026. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP
Negeri 4 Kendari. Dibimbing oleh: Sri Anandari Safaria, S.Pd., M.Pd dan
Dedyerianto, S.Si., M.Si
Pendekatan yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis salah satunya adalah dengan
menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tujuan dalam
penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa setelah diajar dengan pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik pada kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. 2) Untuk mengetahui
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diajar dengan
pendekatan konvensional pada kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. 3) Untuk
mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4
Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas VII.11 sebagai
kelas eksperimen dan VII.10 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi guru
dan siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif
dan analisis inferensial dengan menggunakan uji hipotesis yaitu mann whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahaan masalah
matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik sebagian besar berada pada kriteria sedang dengan persentase sebesar
36,7%. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar
menggunakan pendekatan konvensional sebagian besar berada pada kriteria
sangat rendah dengan persentase sebesar 46%. 3) Pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Kata kunci:
Pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah
matematis, Pendidikan Matematika Realistik, konvensional.
ABSTRACT
Rusni NIM. 19010110026. The Influence of a Realistic Mathematics
Education Approach on the Mathematical Problem Solving Abilities of Class
VII Students at SMP Negeri 4 Kendari. Supervised by: Sri Anandari Safaria,
S.Pd., M.Pd and Dedyerianto, S.Si., M.Si
One approach that can help students improve their mathematical
problem solving abilities is to use a realistic mathemaatics education approach.
The objectives of this research are: 1) To determine students’ mathematical
problem solving abilities after being taught with a realistic matematics education
approach in class VII of SMP Negeri 4 Kendari. 2) To determine students’
mathematical problem solving abilities after being taught using a conventional
approach in class VII of SMP Negeri 4 Kendari. 3) To determine the effect of a
realistic mathematics eduaction approach on the mathematical problem solving
abilities of class VII students at SMP Negeri 4 Kendari. This research is a quasi
experimental quantitative research. The sampling technique uses purposive
sampling. Class VII.11 is the experimental class and VII.10 is the control class.
Data collection techniques consist of mathematical problem solving ability test,
teacher and student observation sheets, and documentation. The data analysis
technique consists o descriptive analysis and inferential analysis using the mann
whitney hypothesis test. The results of this research show that: 1) The
mathematical problem solving abilities of students who are taught using a realistic
mathematics education approach are mostly in the medium criteria with a
percentage of 36,7%. 2) The mathematical problem solving abilities of students
who are taught using conventional approaches are mostly at very low criteria with
a percentage of 46%. 3) The realistic mathematics education approach influences
students’ mathematical problem solving abilities.
Keywords:
Mathematics learning, mathematical problem solving ability,
Realistic Mathematics Education, conventional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Kata kunci: Pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, Pendidikan Matematika Realistik, konvensional. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, Pendidikan Matematika Realistik, konvensional. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username asni |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:23 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2923 |
Actions (login required)
View Item |