METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL ANAK KELOMPOK B DI RAUDATUL ATHFAL NURUL ISTIQAMAH KEC. LADONGI KOLAKA TIMUR

Putri Sriwahyuni, with NIM: 19010105056, P (2024) METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL ANAK KELOMPOK B DI RAUDATUL ATHFAL NURUL ISTIQAMAH KEC. LADONGI KOLAKA TIMUR. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Sriwahyuni, dengan NIM: 19010105056 “Metode Bercerita Untuk
Meningkatkan Nilai Moral Anak Kelompok B di RA Nurul Istiqamah
Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur” Dibimbing Oleh: Dr. Hj.
Hadi Machmud M.Pd dan La Hewi S.Pd.I, M.Pd
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui Metode Bercerita
Untuk Meningkatkan Nilai Moral Anak Kelompok B di RA Nurul Istiqamah
Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur . Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian.
Sedangkan untuk model yang dipilih dalam melakukan tindakan yakni siklus
model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan
dengan dua siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Metode Bercerita
Untuk Meningkatkan Nilai Moral Anak Kelompok B di RA Nurul Istiqamah
Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur Hasil observasi menunjukan
bahwa perkembangan nilai moral anak mengalami peningkatan yang sangat baik.
Hasil pra siklus menunjukkan nilai moral anak yang tuntas hanya mencapai 13%,
pada siklus I ketuntasan nilai moral anak mencapai 40%, dan pada siklus II anak
yang tuntas mencapai 87%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan
membuat metode bercerita untuk meningkatkan nilai moral anak berhasil
mengalami peningkatan karena telah sesuai dengan indikator pencapaian yaitu
sebesar 80%.
Kata Kunci: Bercerita, meningkatkan nilai moral, Kemmis dan Mc Taggart ABSTRACK
Putri Sriwahyuni, with NIM: 19010105056 "Storytelling Method to Improve
the Moral Values of Group B Children at RA Nurul Istiqamah, Ladongi
District, East Kolaka Regency" Supervised by: Dr. Hj. Hadi Machmud M.Pd
and La Hewi S.Pd.I, M.Pd
This classroom action research (PTK) aims to determine the storytelling method
for increasing the moral values of group B children at RA Nurul Istiqamah,
Ladongi District, East Kolaka Regency. The data collection techniques used in
this research are observation, documentation and assessment. Meanwhile, the
model chosen for taking action is the Kemmis and Mc Taggart cycle model which
has four stages, namely planning, implementation, observation and reflection.
This research was carried out in two cycles, in each cycle carried out in three
meetings. The results obtained in this research show that the Storytelling Method
is used to improve the moral values of Group B children in RA Nurul Istiqamah,
Ladongi District, East Kolaka Regency. Observation results show that the
development of children's moral values has increased very well. The pre-cycle
results showed that children's moral values that were completed only reached
13%, in cycle I the completion of children's moral values reached 40%, and in
cycle II children who completed reached 87%. This shows that through the
activity of creating storytelling methods to increase moral values, children have
succeeded in experiencing improvements because they are in accordance with the
achievement indicators, namely 80%.
Keywords: Storytelling, increasing moral values, Kemmis and Mc Taggart

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Bercerita, meningkatkan nilai moral, Kemmis dan Mc Taggart
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bercerita, meningkatkan nilai moral, Kemmis dan Mc Taggart
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:46
Last Modified: 26 Aug 2024 05:46
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item