PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTs AL- ANSHAR KABUPATEN KONAWE

Yusrina, NIM. 19010107022,, Y (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTs AL- ANSHAR KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (353kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAPUS.pdf

Download (131kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Yusrina, NIM. 19010107022, Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru
terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Mts Al
Anshar Kabupaten Konawe. Program Studi Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Dibimbing Oleh:
Bapak Ismaun S.Si., M.Si dan Ibu Nourma Yulita S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) pengaruh
keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA
di MTs Al-Anshar Kabupaten Konawe, 2) pengaruh keterampilan mengajar guru
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Al-Anshar Kabupaten
Konawe, 3) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Al-Anshar Kabupaten Konawe.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa MTs Al-Anshar sebanyak siswa 128 siswa, sampel yang digunakan
pada penelitian ini yaitu sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis
inferensial (uji normalitas, uji lineritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear
sederhana, uji t, uji koefisien determinasi dan uji manova). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa:1) terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap
minat belajar, dengan nilai thitung 3,699 > ttabel 1,661, sehingga dapat disimpulkan
bahwa variabel keterampilan mengajar guru (X) berpengaruh terhadap variabel
minat belajar (Y1): 2) terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil
belajar siswa, dengan nilai thitung 4,231 > ttabel 1,661, sehingga dapat disimpulkan
bahwa variabel keterampilan mengajar guru (X) berpengaruh terhadap variabel
hasil belajar IPA (Y2): 3) terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap
minat belajar dan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil uji manova nilai F yaitu
masing-masing sebesar 2,018, 1,994, 1,969, 2,186, dengan nilai signifikansi
masing-masing sebesar 0,001, 0,001, 0,002, 0,007 lebih kecil dari 0,05 sehingga
disimpulkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru (X) berpengaruh terhadap
minat belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2).
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa

ABSTRACT
Yusrina, NIM. 19010107022, The Effect of Teacher’s Teaching Skills on Student
Interest and Learning Outcomes in Science Subjects at Mts Al-Anshar Konawe
Regency. Science Tadris Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Kendari State Islamic Institute, Supervised by: Mr. Ismaun S.Si., M.Si
and Mrs. Nourma Yulita S.Pd., M.Pd.
The aim of this research is to find out: 1) the effect of teacher teaching
skills on students' learning interest in science subjects at MTs Al-Anshar Konawe
Regency, 2) the effect of teacher teaching skills on student learning outcomes in
science subjects at MTs Al-Anshar Konawe Regency, 3) the effect of teacher
teaching skills on learning interest and student learning outcomes in science
subjects at MTs Al-Anshar, Konawe Regency. This research is a quantitative
research. The population in this study were all students of MTs Al-Anshar as many
as 97 students. The sample used in this study was 97 students. Data collection
techniques in this study are using questionnaires, documentation and interviews.
The data analysis technique used is inferential analysis technique (normality test,
linearity test, heteroscedasticity test, simple linear regression test, t test, coefficient
of determination test and manova test). The results of this study indicate that: 1)
there is an influence of the teacher's teaching skills on learning interest, with a
tcount value of 3,621 > table 1,661, so it can be interpreted that the teacher's
teaching skills variable (X) has an effect on the interest in learning variable (Y1):
2) there is an influence of skills teacher teaching on student learning outcomes,
with a tcount of 4,172 > ttable of 1,661, so it can be interpreted that the teacher's
teaching skills variable (X) influences the science learning outcome variable (Y2):
3) there is an influence of teacher's teaching skills on learning interest and student
learning outcomes , based on the results of the Manova test the F values are 1,976,
1,953, 1,930, 2,173, respectively, with respective significance values of 0,002,
0,002, 0,002, 0,008 smaller than 0,05 so that the meaning is that the teacher's
teaching skill variable (X) effect on interest in learning (Y1) and learning outcomes
(Y2).
Keywords: Teacher Teaching Skills, Interest in Learning, Student Learning
Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 200 Agama > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.102 Pendidikan, Pengajaran
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:57
Last Modified: 26 Aug 2024 05:57
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2926

Actions (login required)

View Item View Item