MATEMATISASI PASAR: PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

Resky Nur Fatimah. NIM 18010110012, F (2022) MATEMATISASI PASAR: PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Resky Nur Fatimah. NIM 18010110012. Matematisasi Pasar: Penerapan Pendekatan
Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan
Numerasi Siswa. Dibimbing oleh: Amanda La Hadi, M. Pd dan Sri Anandari Safaria,
S. Pd, M. Pd
Pendekatan yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat dan kemampuan
numerasi terhadap matematika salah satunya adalah dengan menggunakan
pendekatan RME. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui deskripsi
minat belajar siswa. 2) untuk mengetahui deskripsi kemampuan numerasi siswa. 3)
untuk mengetahui penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan minat siswa. 4)
untuk mengetahui penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan
numerasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain Solomon four
group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII MTs Bahrul Mubarak Toronipa yang
terbagi menjadi 4 kelompok, dua kelompok yang diajar dengan pendekatan RME dan
dua kelompok yang tidak diajar dengan pendekatan RME. Metode pengumpulan data
terdiri dari angket minat matematika siswa dan tes kemampuan numerasi siswa, serta
lembar observasi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Minat siswa pada
kelompok yang diajar dengan pendekatan RME dengan pemberian pretes memiliki
rata-rata sebesar 114,42 dan pada kelompok yang diajar dengan pendekatan RME
tanpa pretes memiliki rata-rata sebesar 111,57. 2) Kemampuan numerasi siswa
setelah diberikan pendekatan RME menunjukkan hasil bahwa kelompok yang diajar
dengan pendekatan RME dengan pemberian pretes memiliki rata-rata sebesar 92,85
dan pada kelompok yang diajar dengan pendekatan RME tanpa pretes memiliki rata
rata sebesar 91,42. 3) penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan minat siswa.
4) penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Kata kunci: Minat; Kemampuan numerasi; Realistic Mathematics Education

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Minat; Kemampuan numerasi; Realistic Mathematics Education
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Minat; Kemampuan numerasi; Realistic Mathematics Education
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Aug 2024 23:51
Last Modified: 27 Aug 2024 23:51
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item