PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 BONEGUNU

Oki Nurzila. NIM. 18010110019, O (2022) PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 BONEGUNU. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Oki Nurzila. NIM. 18010110019. “Pengaruh Gaya Kognitif dan Gaya Belajar
Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Bonegunu.
Dibimbing Oleh: Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd., M.Pd. dan
Dedyerianto, S.Si, M.Si.
Kemampuan komunikasi matematis dapat ditingkatkan melalui berbagai
cara diantaranya dengan meningkatkan gaya kognitif siswa dan gaya belajar
kearah yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan gaya belajar terhadap
komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 2 Bonegunu, untuk mengetahui
pengaruh gaya kognitif terhadap komunikasi matematika siswa dan untuk
mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap komunikasi matematika sisw. Dengan
jumlah populasi keseluruhan 39 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik populasion sampling karena jumlah populasi kurang dari 100 orang yang
artinya peneliti dapat menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian.
Teknik pengumpulan data melalui angket, tes GEFT, dan soal essay. Data
dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk
mendeskripsikan karakteristik variabel. Sedangkan analisis inferensial untuk
pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji
autokorelasi, dan uji multikolinearitas dan pengujian hipotesis meliputi uji secara
simultan dan uji secara parsial. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa: (1)
Terdapat pengaruh
gaya kognitif dan gaya belajar terhadap komunikasi
matematika siswa dengan nilai Fhitung 12,818 > Ftabel 3,238, sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel (X1) atau gaya kognitif dan (X2) atau gaya belajar
berpengaruh terhadap variabel (Y) atau komunikasi matematika siswa. (2)
Terdapat pengaruh gaya kognitif dengan komunukasi matematika siswa, dengan
nilai signifikan 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1)
atau gaya kognitif
berpengaruh terhadap variabel (Y) atau komunikasi
matematika, (3) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap komunikasi matematika
siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel (X2) atau gaya belajar berpengaruh terhadap variabel (Y) atau
komunikasi matematika.
Kata kunci: Gaya Kognitif, Gaya Belajar, Komunikasi Matematika

ABSTRACT
Oki Nurzila. NIM. 18010110019. “The Influence of Cognitive Style And
Learning Style on The Mathematical Communication of Class VII Student
of SMPN 2 Bonegunu. Supervised By: Muhammad Syarwa Sangila, S.Pd.,
M.Pd. Dan Dedyerianto, S.Si, M.Si.
Mathematical communication skills can be improved through various ways
including by improving students' cognitive styles and learning styles towards a
better direction. This research is a quantitative study that aims to determine the
effect of cognitive style and learning style on mathematical communication of
seventh grade students of SMPN 2 Bonegunu, to determine the effect of cognitive
style on student mathematical communication and to determine the effect of
learning style on student mathematical communication. With a total population of
39 students. The sampling technique uses population sampling technique because
the population is less than 100 people which means that researchers can make the
entire population into research samples. Data collection techniques through
questionnaires, GEFT tests, and essay questions. Data were analyzed descriptively
and inferentially. Descriptive analysis to describe variable characteristics. While
inferential analysis for testing prerequisite analysis includes normality test,
heteroscedasticity test, autocorrelation test, and multicollinearity test and
hypothesis testing includes simultaneous test and partial test. The results showed
that: (1) There is an influence of cognitive style and learning style on students'
mathematical communication with an Fcount value of 12.818 > Ftable 3.238, so it
can be concluded that the variable (X1) or cognitive style and (X2) or learning
style affect the variable (Y) or student mathematical communication. (2) There is
an effect of cognitive style with student mathematics communication, with a
significant value of 0.003 <0.05, so it can be concluded that variable (X1) or
cognitive style affects variable (Y) or mathematics communication, (3) There is
an effect of learning style on student mathematics communication with a
significant value of 0.000 <0.05, so it can be concluded that variable (X2) or
learning style affects variable (Y) or mathematics communication.
Keywords: Cognitive Style, Learning Style, Math Communication.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Gaya Kognitif, Gaya Belajar, Komunikasi Matematika.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Gaya Kognitif, Gaya Belajar, Komunikasi Matematika.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:16
Last Modified: 29 Aug 2024 01:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item