STUDI KUALITATIF PENERAPAN STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP NEGERI 1 KENDARI DAN SMP NEGERI 5 KENDARI

Fitri Damayanti, NIM. 19010107013,, F (2023) STUDI KUALITATIF PENERAPAN STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP NEGERI 1 KENDARI DAN SMP NEGERI 5 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitri Damayanti, NIM. 19010107013, Studi Kualitatif Penerapan Strategi
Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada
Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Kendari dan SMP Negeri 5
Kendari, Program Studi Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing; Bapak Zul Arham, M.Si
dan Ibu Nourma Yulita, M.Pd.
Kualitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih
cukup rendah berdasarkan survei Program for International Student Assesment
(PISA) pada tahun 2018. Motivasi belajar merupakan salah satu yang berpengaruh
terhadap semangat siswa dalam belajar IPA yang juga berdampak pada perolehan
hasil belajar, sehingga dalam hal ini dibutuhkan peran guru dalam merencanakan
strategi pembelajaran yang lebih menarik dan representatif terhadap kebutuhan
pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui;
bagaimana strategi guru IPA dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA
Terpadu di SMPN 1 Kendari dan SMPN 5 Kendari, serta bagaimana
perbandingan strategi-strategi yang diterapkan oleh guru IPA di SMPN 1 Kendari
dan SMPN 5 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-April
tahun ajaran 2022/2023 dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan
dalam penelitian ini adalah 2 orang guru IPA dan siswa-siswi di SMPN 1 Kendari
dan SMPN 5 Kendari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa; strategi-strategi yang diimplementasikan dalam upaya
meningkatkan motivasi belajar IPA Terpadu yaitu: menciptakan pembelajaran
yang menyenangkan, bermakna dan bervariasi, formasi tempat duduk, reward,
dan teknik stop/mindfulness; strategi-strategi yang diimplementasikan oleh guru
IPA dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu yaitu: PBL, PjBL,
metode eksperimen dan demonstrasi, diskusi dan tanya jawab; dan adapun
perbandingan strategi yang diterapkan guru IPA di SMPN 1 Kendari dan SMPN 5
Kendari yaitu, pada SMPN 1 Kendari strategi pembelajaran induktif 65% dan
35% penerapan strategi pembelajaran deduktif. Sedangkan di SMPN 5 Kendari
penerapan strategi pembelajaran induktif dan deduktif diterapkan secara seimbang
yaitu berkisar 50%.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA
Terpadu.

ABSTRACT
Fitri Damayanti, NIM. 19010107013, Qualitative Study of the Application of
Teacher Strategies in Improving Student Motivation and Learning Outcomes in
Integrated Science Learning at SMP Negeri 1 Kendari and SMP Negeri 5
Kendari, Tadris Science Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teaching
Science, Kendari State Islamic Institute, Supervisors; Mr. Zul Arham, M.Si and
Mrs. Nourma Yulita, M.Pd.
The quality of students in learning Natural Sciences (IPA) is still quite low based
on the Program for International Student Assessment (PISA) survey in 2018.
Learning motivation is one that affects students' enthusiasm in learning science
which also has an impact on the acquisition of learning outcomes, so in this case
the teacher's role is needed in planning learning strategies that are more
interesting and representative of the needs of Integrated Science learning. This
study was conducted to find out; how the science teacher's strategy in improving
motivation and learning outcomes of Integrated Science at SMPN 1 Kendari and
SMPN 5 Kendari, as well as how the comparison of strategies applied by science
teachers at SMPN 1 Kendari and SMPN 5 Kendari. This research was conducted
in February-April 2022/2023 school year with descriptive qualitative research.
The participants in this study were 2 science teachers and students at SMPN 1
Kendari and SMPN 5 Kendari. Data collection techniques in the study were
carried out by interview, observation and documentation. Data analysis
techniques
are done by data reduction, data presentation and
conclusion/verification. The results of this study indicate that; strategies
implemented in an effort to increase motivation to learn Integrated Science,
namely: creating fun, meaningful and varied learning, seating formation,
rewards, and stop/mindfulness techniques; strategies implemented by science
teachers in an effort to improve Integrated Science learning outcomes, namely:
PBL, PjBL, experimental and demonstration methods, discussion and question
and answer; and as for the comparison of strategies applied by science teachers
at SMPN 1 Kendari and SMPN 5 Kendari, namely, at SMPN 1 Kendari 65%
inductive learning strategies and 35% application of deductive learning
strategies. Whereas in SMPN 5 Kendari the application of inductive and
deductive learning strategies is applied equally, which is around 50%.
Keywords: Learning Strategy, Learning Motivation, Learning Outcomes,
Integrated Science.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA Terpadu.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA Terpadu.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:01
Last Modified: 29 Aug 2024 02:01
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item