PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KUBUS DAN BALOK SATUAN PADA SISWA KELAS V MI BAITUL ILMU AHULOA KABUPATEN KONAWE

Dwi Hartono. NIM: 18010104008, H (2022) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KUBUS DAN BALOK SATUAN PADA SISWA KELAS V MI BAITUL ILMU AHULOA KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Dwi Hartono. NIM: 18010104008. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar
Matematika Menggunakan Media Kubus Dan Balok Satuan Pada Siswa Kelas V
MI Baitul Ilmu Ahuloa Kabupaten Konawe. Dibimbing oleh: Dr. Hj. St Fatimah
K M.A dan Erdyanti S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan materi volume kubus dan
balok menggunakan media kubus satuan pada siswa kelas V MI Baitul Ilmu yang
berjumlah 6 orang. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini, peneliti
menggunakan model dari Kemmis dan Mc Tagart yang memiliki 2 siklus yang
setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yang dimulai dari perencanaan (planning),
pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi
yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
penerapan media pembelajaran kubus satuan dapat meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa. Keaktifan belajar siswa pada pra siklus ditemukan berkategori
kurang aktif karena perolehan nilai hanya mencapai 42,6%. Setelah dilakukan
tindakan siklus I keaktifan belajar meningkat dengan nilai rata-rata 56,25%
dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 78,46% dengan
kategori aktif. Sedangkan untuk hasil penelitian pada hasil belajar siswa
menunjukan peningkatan pula yakni hasil belajar pada pra siklus ketuntasan siswa
hanya mencapai 50% dengan nilai rata-rata 67,5. Kemudian dilakukannya
tindakan siklus I dengan peningkatan hasil belajar mencapai 33,32% dengan nilai
ketuntasan belajar mencapai 66,6% dan nilai rata-rata 74,33. Namun hasil tersebut
belum mencapai indicator keberhasilan yaitu nilai ketuntasan belajar mencapai
80%, sehingga dilanjutkan pada siklus II, yang mana peningkatan hasil belajar
meningkat mencapai 66,66% jika dibandingkan dengan hasil sebelum tindakan
dengan nilai ketuntasan belajar mencapai 83,33% dan nilai rata-rata 85,66.
Kata kunci: Media Pembelajaran Kubus Satuan, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar,
Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Media Pembelajaran Kubus Satuan, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Matematika.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Pembelajaran Kubus Satuan, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:52
Last Modified: 30 Aug 2024 01:52
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item