MANAJEMEN STRATEGI BAZNAS KOTA BAUBAU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP PENGELOLAAN DANA ZIS (STUDI KASUS KELURAHAN BATULO)

Mirzan Arif (18030103038), M (2023) MANAJEMEN STRATEGI BAZNAS KOTA BAUBAU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP PENGELOLAAN DANA ZIS (STUDI KASUS KELURAHAN BATULO). Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mirzan Arif (18030103038), Manajemen Strategi Baznas Kota Baubau Dalam
Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Pengelolaan Dana Zakat, Infak, Dan
Sedekah. Dibimbing Oleh Dr. Nurdin S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang Manajemen Strategi Badan Amil Zakat Nasional
(BAZNAS) Kota Baubau Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap
Pengelolaan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah, di Kelurahan Batulo Kec. Wolio Kota
Baubau. Penelitian ini adalah kualitatif deksriptif dengan metode observasi,
wawancara, reduksi data serta triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
1) Strategi Baznas Kota Baubau dilakukan dengan perhitungan dan perencanaan
secara seistematis dan terstruktur, dikarenakan dalam manajemen strategi,
pelaksanaan tugas, tanggung jawab, serta pelaksanaan program seluruhnya
mengacu pada peraturan dan keputusan Baznas Kota Bau-bau melalui rapat RKAT;
2) Kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Kota Baubau dapat dikatakan cukup
baik karena Baznas Kota Baubau yang Profesional, Amanah, Akuntabel dan
Tranparansi dalam mengelola dana ZIS. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh
oleh peneliti yang menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat terhadap
Baznas cukup tinggi; 3) Faktor pendukung Baznas adalah dengan adanya dukungan
kuat dari unsur pemerintah mengenai eksistensi Baznas. Sedangkan faktor
penghambat adalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang perbedaan zakat,
infak dan sedekah.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kepercayaan Publik, Dana ZIS.

ABSTRACK
This study aims about the Strategy Management of the Baubau City National Amil
Zakat Agency (BAZNAS) in increasing public trust in the management of zakat,
infaq, and shodaqoh, in Batulo Village, Wolio Distric, Baubau City. This study uses
a descriptive qualitative method that seeks to describe the intent of a fact that occurs
in the field. The results of this study indicate that 1) The Baubau City Baznas
strategy is carried out by systematic and structured calculations and planning,
because the implementation of tasks, responsibilities, and program implementation
all refer to existing regulations and decisions; 2) Public trust in Baznas Baubau City
can be said to be quite good. This can be seen from the data obtained by researchers
which show that the level of public knowledge of Baznas is quite high; 3)
Supporting and inhibiting factors in the management of ZIS funds carried out by
Baznas namely, supporting factors: strong support from government elements
regarding the existence of Baznas as a ZIS management institution in Baubau City.
As well as the enthusiasm of the community in paying zakat. Inhibiting factor: the
lack of public knowledge about the differences in zakat, infaq and alms.
Keywords: BAZNAS; ZIS; Strategy Management.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kepercayaan Publik, Dana ZIS.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kepercayaan Publik, Dana ZIS.
Subjects: 200 Agama > 297.5 Etika Islam Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:26
Last Modified: 30 Aug 2024 02:26
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item