PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 2 KONAWE SELATAN

Candra Ardan Fadila, NIM. 19010108033, C (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 2 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Candra Ardan Fadila, NIM. 19010108033 Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri terhadap Tingkat Pengetahuan Biologi Materi Ekosistem Kelas X
SMA Negeri 2 Konawe Selatan” Dibimbing Oleh: Ibu Nourma Yulita, M.Pd
dan Bapak Syarif Rizalia, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran
inkuiri pada pembelajaran biologi pada kelas X MIPA, (2) Mengetahui Tingkat
Pengetahuan Biologi siswa dengan model pembelajaran inkuiri pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol kelas X MIPA 1 dan X MIPA , (3) Mengetahui
perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan model inkuiri dan model discovery
learning pada pembelajaran biologi pada kelas X MIPA 1 dan MIPA 3,
(4),Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan
model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran biologi pada kelas X MIPA 1 dan
MIPA 3, (5) Mengetahui perbedaan hasil belajar sesudah menggunakan model
inkuiri dan model discovery learning pada pembelajaran biologi pada kelas X
MIPA 1 dan MIPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen
menggunakan desain Quasi Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan
analisis deskriptif: Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif:
Prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji
perbedaan dua rata-rata, uji t berpasangan, uji tingkat efektif). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri
diperoleh nilai rata-rata pretest 36,03, dan posttest 82,59 sedangkan hasil belajar
siswa menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata pretest 36,90
dan posttest 76,03. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum
menggunakan model inkuiri dan model konvensional dapat dilihat dari hasil
analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai Thitung sebesar 1,736 dan Ttabel
sebesar 2,003 (thitung<ttabel). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sesudah
menggunakan model inkuiri dan model konvensional dapat dilihat dari hasil
analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai Thitung sebesar
dan Ttabel
sebesar 2,003 (thitung > ttabel) yang menunjukkan H1 diterima artinya, terdapat
perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar posttest siswa pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Inkuiri, Pembelajaran Konvensional, Quasi
Eksperimen.
ABSTRACT
Candra Ardan Fadila, NIM. 19010108033 The Influence of the Inquiry
Learning Model on level biological of Knowledge of Class X Ecosystem
Material of SMA Negeri 2 Konawe Selatan" Guided by: Mrs. Nourma Yulita,
M.Pd and Mr. Syarif Rizalia, M.Pd
This study aims to: (1) Determine the influence of inquiry learning models on
biology learning in class X MIPA, (2) Knowing the Level of Biology Knowledge of
students with inquiry learning models in experimental classes and control classes
X MIPA 1 and X MIPA (3) Knowing the difference in learning outcomes before
using the inquiry model and discovery learning model in biology learning in class
X MIPA 1 and MIPA 3, (4) Knowing the differences in student learning outcomes
before and after using the inquiry learning model in biology learning in class X
MIPA 1 and MIPA 3,, (5) Knowing the differences in learning outcomes after
using inquiry models and discovery learning models in biology learning in class X
MIPA 1 and MIPA 3. This research is a quantitative research experiment using a
Quasi-Experimental design.Data analysis techniques used descriptive analysis:
The data analysis techniques used are descriptive analysis: Analysis prerequisites
(normality test, homogeneity test) and hypothesis test (two-mean difference test,
paired t test, effective level test). The results showed that: (1) Student learning
outcomes using the inquiry model obtained an average pretest score of 36.03, and
posttest 82.59 while student learning outcomes using conventional models
obtained an average pretest score of 36.90 and posttest 76.03. (2) There is no
difference in student learning outcomes before using the inquiry model and
conventional models can be seen from the results of the analysis of the difference
test between two averages with a Tcalculate value of 1.736 and Ttable of 2.003
(tcalculate < ttable). (3) There are differences in student learning outcomes after
using inquiry models and conventional models, it can be seen from the results of
the analysis of the difference between two averages with a Tcalculate value
of
2.003 (tcalculate > ttable) which shows that H1 is accepted, that is, there
is
a
significant difference in student posttest learning outcomes in the
experimental class and control class.
Keywords: Conceptual and Procedural Knowledge, Inquiry, Conventional
Learning, Quasi-Experimentation.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Inkuiri, Pembelajaran Konvensional, Quasi Eksperimen.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Inkuiri, Pembelajaran Konvensional, Quasi Eksperimen.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:10
Last Modified: 02 Sep 2024 02:10
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item View Item