Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Aljabar Kelas VII

Khaeriyanti Rahmah NIM : 2020010110015, K (2024) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Aljabar Kelas VII. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (874kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (857kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (45MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (563kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada
Materi Aljabar Kelas VII. Dosen Pembimbing I Muhammad Syarwa Sangila
S.Pd., M.Pd. Dan Dosen Pembimbing II Drs. La Boy M.Pd
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa
dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aljabar berdasarkan tahapan
Newman dan 2) untuk mengetahui apa saja faktor yang yang menyebabkan
terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi
aljabar kelas VII berdasarkan tahapan Newman. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa
kelas VII-C MTsN 1 Wakatobi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini
berbentuk soal uraian berjumlah 6 butir soal yang telah divalidasi oleh validator.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis kesalahan siswa
persentase kesalahan yang dilakukan siswa adalah : 1) kesalahan membaca
24,36%, 2) kesalahan memahami 18,06%, 3) kesalahan transfromasi 15,28%, 4)
kesalahan keterampilan proses 54,86%, dan 5) kesalahan penulisan kesimpulan
68,06%,. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut yaitu siswa kurang teliti,
tidak fokus, dan terburu-buru dalam membaca, siswa keliru, bingung, dan tidak
memperhatikan informasi yang ditulis pada lembar jawaban, siswa tidak fokus
dan terburu-buru dalam menuliskan rumus/pemodelan matematika, siswa tidak
menguasai konsep perhitunga dan bingung dengan perhitungan pada soal, dan
siswa salah dalam proses sebelumnya sehingga mengalami kesalahan pada proses
berikutnya. Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa masih banyak
siswa kelas VII-C MTsN 1 Wakatobi yang melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal matematika pada materi aljabar dan kesalahan yang paling
sering dilakukan adalah kesalahan penulisan kesimpulan.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Newman, Aljabar

ABSTRACT
Analysis of Student Errors in Solving Mathematics Problems in Class VII
Algebra Material. Supervisor I Muhammad Syarwa Sangila S.Pd., M.Pd. And
Supervisor II Drs. La Boy M.Pd
This research aims 1) to find out the errors made by students in solving
mathematics problems in algebra material based on Newman's stages and 2) to
find out what factors cause students' errors in solving mathematics problems in
class VII algebra material based on Newman's stages. This research is descriptive
qualitative research. The subjects of this research were 24 students of class VII-C
MTsN 1 Wakatobi. The data collection techniques used were tests, interviews and
documentation. The test used in this research is in the form of 6 essay questions
which have been validated by the validator. The data analysis techniques used in
this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
From the results of the analysis of student errors, the percentage of errors made
by students were: 1) reading errors 24.36%, 2) understanding errors 18.06%, 3)
transformation errors 15.28%, 4) processing skills errors 54.86%, and 5) errors
in writing conclusions 68.06%. The causes of students making these mistakes are
that students are not careful, don't focus, and are in a hurry when reading,
students are mistaken, confused, and don't pay attention to the information written
on the answer sheet, students are not focused and are in a hurry when writing
mathematical formulas/modelling, students do not master the concept of
calculations and are confused about the calculations in the questions, and
students make mistakes in the previous process so that they experience errors in
the next process. Based on the description above, it can be concluded that there
are still many students in class VII-C MTsN 1 Wakatobi who make mistakes in
solving mathematics problems in algebra material and the most frequently made
mistakes are errors in writing conclusions.
Keywords: Error Analysis, Newman, Algebra

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Newman, Aljabar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Newman, Aljabar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:09
Last Modified: 05 Sep 2024 00:09
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item View Item