MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PANJANG DI TK SATAP PUULEMO KAB. KONAWE UTARA

Fitriyani. Nim. 19010105043., F (2024) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PANJANG DI TK SATAP PUULEMO KAB. KONAWE UTARA. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Fitriyani. Nim. 19010105043. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak
Usia 5-6 Tahun Melalui Modifikasi Permainan Tradisional Ular Naga Panjang
Di TK Satap Puulemo Kab. Konawe Utara. Dibimbing Oleh: Dr. Hj. Hadi
Machmud. M.Pd dan La Ode Anhusadar, S.Pd. I. M.Pd.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui modifikasi
permainan tradisional ular naga panjang dalam meningkatkan perkembangan
bahasa pada anak kelompok B di TK Satap Puulemo Kab. Konawe Utara. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, dan penilaian. Sedangkan untuk model penelitian yakni siklus model
Kemmis dan Mc Taggart. Hasil pada pra tindakan menunjukkan perkembangan
bahasa anak belum ada yang tuntas atau 0%, kemudian dilakukan pada siklus I
untuk perkembangan bahasa anak pada pertemuan 1-3 belum terdapat perubahan,
dan kemudian dilanjutkan pada siklus II anak yang tuntas mencapai 80%. Hal ini
menunjukkan bahwa melalui modifikasi permainan tradisional ular naga panjang,
perkembangan bahasa anak berhasil mengalami peningkatan karena telah sesuai
dengan indikator pencapaian yaitu sebesar 80%.

Kata Kunci : Meningkatkan Perkembangan Bahasa, Modifikasi Permainan
Tradisional Ular Naga Panjang
ABSTRACT

Fitriyani. Nim. 19010105043. Improving the Language Development of
Children Aged 5-6 Years Through Modifying the Traditional Long Dragon
Snake Game at Satap Puulemo Kindergarten, Kab. North Konawe.
Supervised by: Dr. Hj. Hadi Machmud. M.Pd and La Ode Anhusadar, S.Pd. I.
M. Pd.

This Classroom Action Research (PTK) aims to determine the modification of the
traditional long dragon snake game in improving language development in group B
children at Satap Puulemo Kindergarten, District. North Konawe. The data
collection techniques used in this research are observation, documentation and
assessment. Meanwhile, the research model is the Kemmis and Mc Taggart cycle
model. The results of the pre-action showed that none of the children's language
development was complete or 0%, then it was carried out in cycle I for children's
language development at meetings 1-3 there was no change, and then continued in
cycle II where the children reached 80% completion. This shows that through
modification of the traditional long dragon snake game, children's language
development has succeeded in increasing because it is in accordance with the
achievement indicator, namely 80%.

Keywords: Improving Language Development, Modification of the Traditional
Long Dragon Snake Game

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Meningkatkan Perkembangan Bahasa, Modifikasi Permainan Tradisional Ular Naga Panjang
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Meningkatkan Perkembangan Bahasa, Modifikasi Permainan Tradisional Ular Naga Panjang
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:44
Last Modified: 05 Sep 2024 00:44
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item