PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA DI MTs AL-MUNAWWARAH PONDIDAHA KABUPATEN KONAWE

Muh. Armin, NIM. 18010107037,, M (2023) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA DI MTs AL-MUNAWWARAH PONDIDAHA KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (577kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Armin, NIM. 18010107037, Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget
dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa di MTs
Al-Munawwarah Pondidaha Kabupaten Konawe. Program Studi Tadris
IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Kendari, Pembimbing: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd, M.Sc dan Ibu Nourma
Yulita, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh intensitas
penggunaan gadget terhadap prestasi belajar IPA siswa di MTs Al-Munawwarah
Pondidaha; 2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa di
MTs Al-Munawwarah Pondidaha; 3) pengaruh intensitas penggunaan gadget dan
kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa di MTs Al-Munawwarah
Pondidaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Munawwarah Pondidaha sebanyak
212 siswa, sampel yang digunakan pada penenlitian ini yaitu sebanyak 68 siswa.
Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini menggunakan, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif
uji
prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas uji
heteroskedastisitas, dan uji homogenitas varians popualsi) dan uji hipotesis (uji
regresi linear berganda, uji t, uji F simultan dan uji koefisien determinasi). Hasil
penenlitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar IPA siswa MTs Al
Munawwarah Pondidaha memiliki rata-rata sebesar 77,20 dengan kategori
sedang; 2) Kedisiplinan belajar siswa MTs Al-Munawwarah Pondidaha memiliki
rata-rata sebesar 77,57 dengan kategori sedang; 3) Intensitas penggunaan gadget
siswa MTs Al-Munawwarah Pondidaha memiliki rata-rata sebesar 69,08 dengan
kategori rendah; 4) Terdapat pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap
prestasi belajar IPA siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan koefisien
regresi mempunyai nilai 0,237, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel
kedisiplinan belajar (X1) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar IPA (Y);
5) Terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa
dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi mempunyai nilai 0,356,
sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kedisiplinan belajar (X2) berpengaruh
terhadap variabel prestasi belajar IPA (Y); 6) Terdapat pengaruh intensitas
penggunaan gadget dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa,
dengan nilai Fhitung 3,522 > Ftabel 3,14 dengan kontribusi sebesar 71%, sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel intensitas penggunaan gadget (X1) dan variabel
kedisiplinan belajar (X2) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar (Y).
Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Kedisiplinan Belajar, Prestasi
Belajar IPA

ABSTRACT
Muh. Armin, NIM. 18010107037, Effect of Intensity of Gadget Use and
Student Discipline on Science Learning Achievement of Students at MTs Al
Munawwarah Pondidaha, Konawe Regency. Science Tadris Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute,
Supervisors: Mr. Hasrin Lamote, S.Pd, M.Sc and Mrs. Nourma Yulita, S.Pd,
M.Pd.
This study aims to determine: 1) the effect of the intensity of the use of
gadgets on students' science learning achievement at MTs Al-Munawwarah
Pondidaha; 2) the influence of learning discipline on students' science learning
achievement at MTs Al-Munawwarah Pondidaha; 3) the influence of the intensity
of using gadgets and learning discipline on students' science learning achievement
at MTs Al-Munawwarah Pondidaha. This research is a quantitative research. The
population in this study were all students of MTs Al-Munawwarah Pondidaha as
many as 212 students, the sample used in this study was 68 students. Data
collection techniques in this research using questionnaires and documentation.
The data analysis technique used is descriptive analysis technique of prerequisite
test (normality test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and
population variance homogeneity test) and hypothesis testing (multiple linear
regression test, t test, simultaneous F test and coefficient of determination test). .
The results of the study show that: 1) Science learning achievement of students at
MTs Al-Munawwarah Pondidaha has an average of 77,20 in the medium
category; 2) The learning discipline of MTs Al-Munawwarah Pondidaha students
has an average of 77,57 in the medium category; 3) The intensity of using gadgets
by MTs Al-Munawwarah Pondidaha students has an average of 69.08 in the low
category; 4) There is an effect of the intensity of using gadgets on students'
science learning achievement with a significant value of 0.000 <0.05 with a
contribution of 0,237, so it can be said that the learning discipline variable (X1)
affects the science learning achievement variable (Y); 5) There is an influence of
learning discipline on students' science learning achievement with a significant
value of 0.000 <0.05 with a contribution of 0,356, so it can be said that the
learning discipline variable (X2) affects the science learning achievement variable
(Y); 6) There is an influence of the intensity of gadget use and learning discipline
on students' science learning achievement, with a value of Fcount 3.522 > Ftable
3.14 with a contribution of 71%, so it can be said that the variable intensity of
gadget use (X1) and learning discipline variable (X2) have an effect on the
learning achievement variable (Y).
Keywords: Intensity of Gadget Use, Learning Discipline, Science Learning
Achievement

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar IPA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 18 Sep 2024 00:03
Last Modified: 18 Sep 2024 00:03
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item View Item